Menengok Tadarus Alquran Masjid Nururrahman Depok

Rep: Syahruddin el Fikri/ Red: Nashih Nashrullah

 Senin 06 May 2019 23:59 WIB

Alquran/Ilustrasi Alquran/Ilustrasi

Tadarus Alquran di Masjid Nururrahman dimulai tujuh tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,  DEPOK— Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nururrahman Depok menggelar 20 kegiatan sepanjang Ramadhan 1440H. Di antara kegiatan itu, di antaranya tadarus bersama, baik untuk bapak-bapak, ibu-ibu, maupun anak-anak atau remaja masjid 

"Tadarus untuk bapak-bapak dilaksanakan pada bakda tarawih, ibu-ibu bakda shalat Shubuh. Sedangkan tilawah anak-anak atau remaja masjid diselenggarakan bakda Ashar," ujar Ust Khoerudin, ketua panitia Ramadhan Masjid Nururrahman kepada Republika.co.id, di Depok,Senin (6/5) malam. 

Menurut Ust Khoerudin, kegiatan tadarus atau membaca Alquran ini telah selenggarakan sejak tujuh tahun lalu. "Kegiatan ini dimaksudkan agar jamaah Masjid Nururrahman terus meningkatkan perbaikan pembacaan dan pemahaman pada Alquran," ujarnya. 

Baca Juga

Guru Dian Didaktika Cinere ini juga menambahkan, setiap tahun minimal dua kali khataman Alquran di Masjid Nururrahman selama Ramadhan. Yang artinya, kata dia, setiap malam tadarus untuk bapak-bapak itu dibaca sebanyak dua juz  

Menurutnya, kegiatan ini berdampak positif pada bacaan jamaah. Yang lancar, ungkapnya, bisa makin lancar dan baik bacaannya. Sedangkan yang belum lancar, lanjutnya, akan makin terbiasa membaca Alquran. "Dengan kegiatan tadarus ini, setidaknya jamaah Masjid Nururrahman terus dekat dengan Alquran," terangnya.

Salah seorang peserta tadarus bapak-bapak, Abdurrahman Said mengatakan, dia merasa bahagia bisa ikut serta dalam kegiatan tadarus Alquran yang diselenggarakan BKM Nururrahman ini. 

"Alhamdulillah, ini tahun keempat mengikuti tadarus bersama ini. Semoga kegiatan ini terus mendorong semangat jamaah, khususnya orang seperti saya yang sibuk dengan kegiatan rutin sehari-hari, bisa meluangkan waktu untuk dekat dengan Alquran," terangnya.

Ketua BKM Nururrahman, Syahruddin El-Fikri, mengatakan tadarus Alquran ini selalu didampingi guru mengaji. "Untuk tadarus bapak-bapak didampingi dan dibimbing ustaz, sedangkan untuk tadarus ibu-ibu didampingi ustazah dari Majelis Taklim Khoirunnisa Masjid Nururrahman," ujarnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X