Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

 

Pakistan Memulai Ramadhan pada Selasa, 7 Mei

Senin 06 Mei 2019 11:37 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hasanul Rizqa

Bendera Pakistan

Bendera Pakistan

Pemerintah Pakistan mengumumkan awal Ramadhan jatuh pada Selasa, 7 Mei

REPUBLIKA.CO.ID, KARACHI — Bulan sabit penanda awal Ramadhan 1440 Hijriah belum terlihat di Pakistan pada Ahad (5/5) malam. Keterangan itu menjadi keputusan Komite Ruet-e-Hilal, Departemen Agama dan Keharmonisan Antaragama Pakistan. Maka dari itu, pemerintah setempat mengumumkan, awal Ramadhan dimulai pada Selasa, 7 Mei 2019.

Baca Juga

Seperti dilansir Khaleej Times, Senin (6/5), komite tersebut memperkirakan bulan sabit akan tampak pada Senin (6/5) malam. Keputusan Pakistan itu cukup berbeda dengan negara-negara lain yang telah mengumumkan awal Ramadhan jatuh pada 6 Mei. Sebut saja, Arab Saudi, Amerika Serikat (AS), Uni Emirat Arab (UEA), dan Indonesia.

Sementara itu, media lokal The News melaporkan, pertemuan Komite Ruet-e-Hilal Pusat dihadiri pemuka Islam setempat, Mufti Muneeb di Kantor Met Karachi. Tokoh setempat, Mufti Muneeb ur Rehman mengumumkan awal Ramadhan 1440H itu setelah berkonsultasi dengan kepala kantor kementerian di empat zona.

Komite Zona Islamabad menyampaikan informasi, Ahad (5/5) malam, bulan belum terlihat di ibu kota. Dirjen Auqaf Punjab Tahir Raza Bukhari juga mengatakan tidak ada bukti penampakan bulan di seluruh Punjab.

Mufti Muneeb menjelaskan, keputusan awal Ramadhan berdasarkan segenap informasi di semua kantor. Semua itu menyatakan belum melihat penampakan bulan sabit di Pakistan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES