Ramadhan, PDAM Padang Gratiskan Tagihan Air Semua Masjid

Rep: febrian fachri/ Red: Dwi Murdaningsih

 Sabtu 04 May 2019 12:43 WIB

Warga berwudhu untuk melaksanakan shalat di Masjid Perahu atau Agung Al-Munada Baiturrahman, Jakarta, Rabu (14/11). Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Warga berwudhu untuk melaksanakan shalat di Masjid Perahu atau Agung Al-Munada Baiturrahman, Jakarta, Rabu (14/11).

Program air gratis PDAM sudah berlangsung selama 10 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Hendra Pebrizal mengatakan PDAM kembali menggratiskan tagihan air untuk semua masjid dan musola di Kota Padang yang berlangganan selama bulan suci Ramadhan. Program air gratis untuk masjid dan musola selama Ramadhan ini kata Hendra sudah dilakukan PDAM Padang selama 10 tahun terakhir.

"Kami gratiskan kepada masjid dan musola yang berlangganan dengan PDAM Padang. Jadi pengurus masjid dan musola tidak perlu lagi memikirkan biaya tagihan air bulan Mei ini," kata Hendra kepada Republika.co.id, Sabtu (4/5).

Baca Juga

Jumlah masjid dan musola yang menjadi pelanggan PDAM Padang sebanyak 503. PDAM menganggarkan uang untuk program air gratis ini senilai Rp 60 juta.

Untuk kelancaran menjalani bulan suci Ramadhan 1440 H ini, Hendra juga mengimbau kepada semua warga pelanggan PDAM agar memastikan ketersediaan air bersih di rumah masing-masing. Hendra menyebut cuaca ekstrem yang masih mengancam Kota Padang berpotensi merusak jalur air bersih PDAM.

Kondisi cuaca yang sering berubah sangat cepat dari panas ke hujan lebat mengakibatkan tertimbunnya intake PDAM oleh sedimen, bebatuan atau bahkan batang-batang kayu yang besar. Sementara pada  kondisi kemarau, berdampak pada kecilnya debit air sungai yang berakibat pada berkurangnya suply air baku ke intake PDAM Kota Padang. Hal tersebut sangat berakibat terganggunya pelayanan PDAM pada pelanggan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X