Masjid Perkantoran Siapkan Takjil Hingga Hadiah Umrah

Red: Nashih Nashrullah

 Jumat 03 May 2019 21:26 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Reuters/Amr Abdallah Dalsh Ilustrasi Ramadhan

Masjid perkantoran di Jakarta menyiapkan program takjil dan hadiah umrah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pengurus beberapa masjid di kawasan perkantoran Jakarta menyiapkan takjil gratis hingga hadiah umrah bagi jamaah selama Ramadhan.

"Yang spesial di Ramadhan kali ini adalah hadiah umrah gratis bagi delapan jamaah yang rajin beribadah shalat subuh," kata Moch Amin, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Istiqomah di kawasan bisnis Jalan Mega Kuningan Barat 9, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (3/5).

Dia menjelaskan hadiah umrah diberikan kepada anggota jamaah berdasarkan kehadiran dan ketepatan waktu mereka datang ke masjid untuk shalat berjamaah.

"Penilaian ini kita lakukan melalui absensi yang kita siapkan di pintu masuk masjid selama Ramadhan," katanya.

Selain menyediakan hadiah umrah, pengurus masjid juga akan membagikan takjil gratis. "Untuk hari pertama Ramadhan, kita sudah membeli 12 dus kurma isi 10 kilogram serta beras untuk nasi bungkus. Sehari kami alokasikan 300 paket takjil," katanya.

Masjid Jami Baitul Mughni yang berada di kawasan perkantoran Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, juga menyiapkan berbagai program selama Ramadhan.

Ketua Remaja Masjid Jami Baitul Mughni, Karsim, mengatakan selama bulan puasa akan ada shalat tarawih berjamaah, shalat tasbih berjamaah, tadarus Alquran, kuliah subuh, dan peringatan malam Nuzulul Quran.

Pengurus masjid juga menyiapkan takjil, utamanya untuk para musafir dan pekerja kantor yang lembur; dan santunan untuk 150 anak yatim piatu dan kurang mampu.

Berada di antara kawasan bisnis di Jalan Gatot Subroto dan Jalan Mega Kuningan, membuat Masjid Al Istiqomah dan Jami Baitul Mughni didatangi banyak pekerja kantoran. "Hampir 90 persen jemaah kami adalah pekerja kantoran," kata Karsim.

Acung, yang bekerja di Global Tower Gatot Subroto, menyambut baik program-program Ramadhan di masjid-masjid yang berada di lingkungan kerjanya.

"Saya sih senang, bisa irit juga untuk beli makanan buka puasa. Apalagi ada hadiah umrah segala," katanya.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X