Sabtu, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Sabtu, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

 

Baznas Siapkan Tiga Program Unggulan Selama Ramadhan

Jumat 03 Mei 2019 16:36 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Hasanul Rizqa

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, pada acara Indonesia Zakat Summit yang digelar Forum Zakat (FOZ), di Hotel Horison, Kota Bandung, Kamis (20/12).

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, pada acara Indonesia Zakat Summit yang digelar Forum Zakat (FOZ), di Hotel Horison, Kota Bandung, Kamis (20/12).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Tiga program unggulan Baznas itu memudahkan publik untuk berzakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyiapkan sejumlah program unggulan yang akan dihelat selama Ramadhan. Harapannya, semua itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berzakat dan berderma pada bulan suci. Hal itu disampaikan Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta.

Baca Juga

Dia menyebutkan, program Ramadhan dari pihaknya kali ini terdiri atas tiga kegiatan. Pertama, kampanye Ramadhan. "Jadi, Baznas menggunakan seluruh kegiatan marcom (marketing communication) dan humas untuk melakukan ajakan berzakat ke masyarakat. Di antaranya, kami membuat 50 event di 30 mal di Jakarta, meliputi panggung dakwah, zakat, dan dialog bersama public figure," tutur Arifin Purwakananta kepada Republika.co.id, Jumat (3/5).

Kedua, lanjut dia, layanan yang kian memudahkan masyarakat untuk berzakat melalui Baznas. Pelayanan yang dimaksud berlangsung baik melalui platform digital maupun konter biasa.

"Ketiga, kami punya program pemberdayaan yang dikhususkan selama Ramadhan. Di antaranya pemberian makanan berbuka dan sahur, lalu pemberian paket Ramadhan melalui pengiriman Gojek. Jadi, masyarakat tidak antre, tapi kita yang mengantarkan (paket Ramadhan ke penerima manfaat --Red)," jelasnya.

Arifin menambahkan, paket Ramadhan tersebut berupa sembako, peralatan shalat, serta kebutuhan puasa dan Idul Fitri. Semuanya dikirim langsung ke rumah para mustahik.

Dia menyebutkan, Baznas turut membuat program membersihkan masjid. "Kami mengajak relawan untuk ikut membersihkan masjid-masjid jelang Ramadhan," kata Arifin.

Pada akhir Ramadhan, Baznas juga menggelar festival zakat fitrah. "Semua kegiatan Baznas selama Ramadhan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia," ujarnya.

Baznas memprediksi, target penghimpunan Zakat Infak Sedekah (ZIS) secara nasional bisa naik hingga 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara untuk pengumpulan ZIS Baznas Pusat diprediksi meningkat 40 persen atau mencapai Rp 85 miliar.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES