Kamis, 15 Zulqaidah 1440 / 18 Juli 2019

Kamis, 15 Zulqaidah 1440 / 18 Juli 2019

 

Gandeng Dompet Dhuafa, Aplikasi Umma Rancang Program Baru

Kamis 02 Mei 2019 22:53 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Hasanul Rizqa

Peluncuran UMMA. Share Holder UMMA Garibaldi Thohir,Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan CEO UMMA Indra Wiralaksmana (dari kiri) saat meluncurkan aplikasi mobile UMMAH di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Peluncuran UMMA. Share Holder UMMA Garibaldi Thohir,Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan CEO UMMA Indra Wiralaksmana (dari kiri) saat meluncurkan aplikasi mobile UMMAH di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Foto: Republika/ Wihdan
Menyambut bulan suci Ramadhan, Umma dan Dompet Dhuafa jalin kerja sama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut bulan suci Ramadhan, Umma berkolaborasi meluncurkan program Ramadhan yang diberi nama Ummah atau Ramadhan Ummah (RUMMAH), Kamis (2/5). Platform digital berbasis komunitas Muslim dalam hal ini bekerja sama dengan lembaga filantropi Dompet Dhuafa. Program tersebut dibuat khusus untuk memudahkan pengguna aplikasi ini dalam beribadah, belajar, serta berdonasi.

“Untuk menularkan kebaikan harus dengan cara yang terbaik dengan platform yang terbaik insyaAllah tujuan terbaik akan tercapai,” kata Dirut Dompet Dhuafa Imam Rulyawan, Kamis (2/4).

Baca Juga

Dia berharap, RUMMAH semakin mengingatkan penggunanya tentang keutamaan bersedekah. Dia memprediksi, kerja sama ini dapat menghimpun donasi publik hingga Rp 1 miliar. Rencananya, dana itu akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan melalui program Parsel Ramadhan Dompet Dhuafa.

Imam mengungkapkan, konten yang paling sering diakses selama periode Ramadhan tahun lalu ialah seputar ibadah. Misalnya, tentang keutamaan Ramadhan, amalan-amalan mulia pada bulan Ramadhan, atau doa-doa. Namun, tak ketinggalan pula konten tentang resep makanan untuk sahur dan berbuka puasa.

Kali ini Umma akan menyuguhkan konten yang dinilai sangat menarik pengguna aplikasi tersebut.

Terdapat empat konten utama dalam fitur RUMMAH, antara lain Penunjang Beribadah, yang menampilkan waktu solat dan petunjuk arah kiblat yang dapat digunakan di lokasi manapun. Memperdalam Ajaran Agama, menampilkan artikel dan video kajian islami sehingga umat dapat menambah pengetahuan islamnya.

photo

Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan.

Konten Ramadhan, dalam konten ini Rummah memberikan tips-tips berpuasa serta resep-resep untuk sahur dan berbuka puasa. Yang terakhir ialah Mutaba’ah Yaumiyah, fitur yang merekam kegiatan ibadah pengguna sehari-sehari disepanjang bulan Ramadhan.

“Melalui fitur ini pengguna akan mendapatkan poin pada setiap aktivitas ibadah dan amalan harian yang telah dilakukan dan direkam dan poin tersebut dapat pengguna donasikan kedalam bentuk uang tunai dan akan disalurkan dalam bentuk program parsel ramadhan,” jelas Imam.

Setiap poin yang dihasilkan pengguna umma dari aktivitas ibadahnya akan dikonversi menjadi donasi yang akan disalurkan oleh umma melalui Dompet Dhuafa dan kitabisa.com dengan program donasi yang dipilih pengguna.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA