Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

 

Puluhan Ribu Jamaah Diprediksi Shalat Id di Masjid Al Akbar

Kamis 14 Jun 2018 13:22 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah

  Umat Muslim melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang. ilustrasi (Republika/Wihdan)

Umat Muslim melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang. ilustrasi (Republika/Wihdan)

Pelayanan kepada jamaah menjadi prioritas, terutama soal arus lalu lintas.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Masjid Nasional Al Akbar Surabaya atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya telah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang diperkirakan dilaksanakan pada Jumat (15/6). Humas Masjid Al-Akbar Helmy M Noor menyatakan, persiapan utama yang dilakukan adalah terkait pelayanan kepada jamaah

"Pelayanan kepada jamaah menjadi prioritas, terutama soal arus lalu lintas. Apalagi Gubenur Jatim dan Forkompinda, serta 60 ribu jamaah diperkirakan akan melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya," kata Helmy saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (14/6).

Pengelola Masjid Al Akbar Surabaya telah menyiapkan berbagai skema mengantisipasi masalah tersebut, terutama soal kepadatan arus lalu lintas di sekitar masjid. Demi menghindari kepadatan,  jamaah dimohon hadir sebelum pukul 05.00 WIB.

Kemudian, jamaah yang masuk masjid melalui pintu barat, diharapkan memarkir kendaraannya di lokasi parkir yang berada di halaman barat masjid atau tepatnya di lapangan voli. Pengelola juga mengimbau jamaah tidak parkir di pinggir jalan tol.

 

Helmy melanjutkan, untuk jamaah yang datang dari arah pagesangan dan pangesangan baru, bisa langsung parkir di lapangan Masjid Al Akbar, tepatnya sebelah barat gereja. Sedangkan jamaah yang datang dari arah Jalan A Yani, Menanggal, Graha Pangeran, dan Gayungsari, masuk melalui pintu utara, lalu parkir di lapangan Masjid Al Akbar sebelah gereja.

Selain itu, untuk kenyamanan jamaah, pengelola masjid  juga menyiapkan dokter dan petugas kesehatan yang siaga di ruangan. Bahkan, sebagian dari mereka juga akan berkeliling di area ibadah. Masjid Al Akbar juga menyiapakan empat ambulans untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan.

"Bagi jamaah yang menggunakan kursi roda, Masjid Al Akbar menyiapkan akses dan tempat wudhu khusus yang dipandu petugas. Lokasinya berada di gerbang timur Masjid, sisi kanan untuk pria dan sisi kiri untuk wanita. Masjid Al Akbar juga menyiapkan tiga kursi roda," ujar Helmy.

Helmy menjelaskan, shalat Idul Fitri akan dimulai tepat pada pukul 06.00 WIB. Shalat akan dipimpin Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, KH Abdul Hamid Abdullah.

Sedangkan yang akan bertindak sebagai Khatib Idul Fitri adalah KH D Zawawi Imron yang merupakan budayawan nasional. Tema yang diangkat menjadi materi utama khutbah adalah "Mewujudkan Rasa Kasih Sayang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

Menatap Indonesia Seusai Pilpres

Kamis , 18 Apr 2019, 11:27 WIB