Puluhan Anak Yatim Serbu Mal untuk Belanja Lebaran

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah

Selasa 12 Jun 2018 21:19 WIB

Kebahagiaan menuju Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah semakin dirasakan oleh puluhan anak yatim yang tinggal di Kota Bandung. Mereka mengikuti program belanja lebaran bareng yatim (Balareya) di salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Kepatihan, Bandung, Selasa (12/6).

Kebahagiaan menuju Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah semakin dirasakan oleh puluhan anak yatim yang tinggal di Kota Bandung. Mereka mengikuti program belanja lebaran bareng yatim (Balareya) di salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Kepatihan, Bandung, Selasa (12/6).

Foto: Republika/Fauzi Ridwan
Anak-anak yatim berbelanja langsung dan memilih baju sesuai keinginan mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kebahagiaan menuju Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah semakin dirasakan oleh puluhan anak yatim yang tinggal di Kota Bandung. Mereka mengikuti program Belanja Lebaran Bareng Yatim (Balareya) di salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Kepatihan, Bandung, Selasa (12/6).

Kegiatan yang diselenggarakan Yayasan Harapan Amal Mulia bekerja sama dengan Imah Seuri dan Yogya Kepatihan. Direktur Yayasan Harapan Amal Mulia, Vikry Rinaldi mengatakan kebahagiaan anak yatim merupakan hal yang utama. Oleh karena itu, pihaknya tidak hanya menyiapkan bingkisan. Namun, mengajak langsung anak-anak yatim untuk berbelanja dan memilih langsung baju lebaran sesuai dengan yang diinginkan mereka.

"Tidak hanya baju lebaran, kami juga menyiapkan bingkisan berupa kue dan makanan ringan. Selain itu, anak yatim mendapatkan satu paket alat tulis agar siap di tahun ajaran baru nanti, ujarnya, Selasa (12/6).

Ia menuturkan, program Balareya merupakan program yang baru dijalankan oleh Yayasan Amal Mulia. Dia mengatakan, program tersebut didasarkan pada hasil kajian anak-anak yatim ingin merasakan hidup layaknya anak-anak sebaya mereka yang masih memiliki orang tua.

Menurutnya, salah satu caranya dengan berbelanja bersama orang tua jelang lebaran. "Mimpi ini yang kami coba wujudkan. Alhamdulillah para donatur juga mendukung program-program kami," ungkapnya.

Dia menambahkan, puluhan anak yatim terlihat bersemangat memilih baju lebaran. Kebanyakan anak laki-laki memilih baju koko baru untuk dipakai Shalat Ied nanti. Sedangkan anak perempuan, sebagian memilih membeli pakaian, tapi ada pula yang lebih memilih membeli sepatu baru.

Ilfan (15) mengaku senang bisa diajak berbelanja baju lebaran ke pusat perbelanjaan di Kota Bandung. "Banyak pilihan. Bajunya bagus-bagus," ujarnya. Aulia (9) pun tampak sumringah. Untuk pertama kalinya, Aulia mengaku bisa berbelanja langsung di mal untuk kebutuhan Lebaran secara gratis.

Anak-anak yatim kian bersemangat saat mengetahui akan berbelanja baju lebaran sambil ditemani oleh Ray Shareza, ex vocalis Nineball. Ray mengaku sangat senang bisa menemani anak-anak yatim berbelanja baju lebaran. Ray pun beberapa kali memilihkan baju lebaran yang pas untuk anak yatim.

Play Podcast X