Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

 

SMP Bosowa Bina Insani Gelar Pinter Ramadhan

Kamis 31 May 2018 06:34 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana kegiatan Pinter Ramadhan yang diadakan oleh SMP Bosowa Bina Insani.

Suasana kegiatan Pinter Ramadhan yang diadakan oleh SMP Bosowa Bina Insani.

Foto: Dok SBBI
Pinter Ramadhan memadukan materi motivasi dan pembiasaan ibadah.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – SMP Bosowa Bina Insani (BBI) menggelar Program Intensif Religius  Ramadhan (Pinter Ramadhan) 1439 H. Kegiatan tersebut diadakan di Masjid Al-Ikhlas Sekolah Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat.

“Pinter Ramadhan dilaksanakan selama tiga hari, yakni Rabu-Kamis, 30 Mei sampai 1 Juni 2018,” kata Kepala SMP Bosowa Bina Insani (SBBI), Lies Rachmawati melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (30/5).

Ia menambahkan, Pinter Ramadhan diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8 reguler, dan kelas internasional. “Jumlah peserta kelas regular 173 orang, sementara kelas inter 40 orang. Total 213 orang,” ujarnya.

Secara umum,  materi Pinter Ramadhan dibagi menjadi dua  bagian. Pertama, penyampaian materi motivasi oleh nara sumber dari luar Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI). Topik yang dibahas adalah Semangat Berkarya Remaja Berprestasi; One Happy Hour With Qoran; Membumikan Alquran dan Remaja Saleh Dambaan Orang tua.

Kedua adalah pembiasaan yang diisi oleh para guru SMP BBI.  “Termasuk di dalamnya adalah tahsin Alquran,  tahfizh Quran,  shalat sunnah Dhuha,  shalat Tahajud,  dan doa pilihan,” tuturnya.

Selain itu, ada pula aneka lomba dan bakti sosial yang diperuntukkan bagi janda dhuafa di sekitar lingkungan SBBI sekitar. “Jumlahnya  213 paket,” ungkapnya.

Lies mengemukakan, Pinter Ramadhan merupakan program rutin di SMP BBI pada  khususnya dan lingkungan SBBI umumnya. “Pinter Ramadhan bertujuan  untuk melatih siswa memanfaatkan bulan Ramadhan dengan  kegiatan positif. Yakni, dengan mengkaji lebih dalam lagi materi keagaamaan,  melatih fisik dan spiritual di bulan Ramadhan dan melatih kepekaan dan kepedulian sosial melalui baksos,” paparnya.

 

photo

Kepala SMP Bosowa Bina Insani, Lies Rachmawati memberikan kata sambutan pada pembukaan Pinter Ramadhan.

Tema Pinter Ramadhan kali ini adalah “Membumikan Alquran”.  “Kami berharap dengan kegiatan Pinter Ramadhan semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan,  kepedulian sosial,  dedikasi tinggi, perilaku mulia siswa, sekaligus menjadi teladan bagi warga  sekitar sekolah dan rumah tempat tinggal mereka,” tutur Lies Rachmawati.

Pinter Ramadhan SMP BBI dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Bosowa Foundation, Sudirman. Acara tersebut juga dihadiri para manajer di lingkungan Sekolah Bosowa Bina Insani.

Sudirman mengemukakan, Pinter Ramadhan dilaksanakan oleh empat unit sekolah yang berada di bawah Sekolah Bosowa Bina Insani. “Yakni KB-TK, SD, SMP dan SMA. Baik program regular maupun internasional,” ujar Sudirman.

Sebelumnya, kegiatan Pinter Ramadhan atau Pesantren Ramadhan diadakan oleh SD Bosowa Bina Insani, 25 dan 26 Mei 2018. TK Bosowa Bina Insani menggelar Pekan Intensif Ramadhan pada 21-31 Mei 2018.

Sementara Pesantren Ramadhan 1439 H SMA Bosowa Bina Insani dilaksanakan pada 18 dan 19 Mei 2018. “Secara keseluruhan, kegiatan Pesantren Ramadhan 1439 H Sekolah Bosowa Bina Insani mengusung tema besar 'Membumikan Alquran’. Tapi tiap-tiap unit dipersilakan untuk mengusung tema kecil masing-masing,” papar Sudirman

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA