Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

 

Supaya Puasa Anak Menyenangkan

Kamis 31 May 2018 05:55 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah anak menunggu waktu buka puasa saat berbuka puasa bersama di Masjid Babah Alun, Jalan Papanggo, Tangjung Priok, Jakarta, Rabu (23/5).

Sejumlah anak menunggu waktu buka puasa saat berbuka puasa bersama di Masjid Babah Alun, Jalan Papanggo, Tangjung Priok, Jakarta, Rabu (23/5).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Ramadhan jadi waktu terbaik untuk mendidik anak-anak

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ramadhan adalah bulan menggairahkan banyak anak Muslim di seluruh dunia. Ini waktu terbaik mendidik mereka tentang apa yang harus dipersiapkan, bagaimana mengatasi jam-jam puasa yang panjang. Ini waktunya menjadi produktif dan menyiapkan anak-anak kita menghadapi tantangan berpuasa. Berikut tips supaya anak berpuasa dengan menyenangkan, dilansir dari Productive Muslim, Rabu (30/5).

1. Bermain karakter

Bermain karakter penting untuk menemani waktu bermain anak. Orang tua bisa menyusun permainan karakter seputar Ramadhan dan Islam. Permainan ini bisa dilakukan menggunakan boneka tangan atau sembari membaca buku cerita bergambar.

2. Kompetisi Ramadhan

Adakan kompetisi Ramadhan untuk anak-anak Anda. Sesuaikan dengan usia mereka, seperti menambah hapalan ayat pendek, doa-doa dalam kehidupan sehari-hari, dan sebagainya. Ini cara terbaik menanamkan pendidikan Islam dalam diri anak-anak dan membentuk karakter meski usia mereka masih sangat muda.

3. Tidur siang bersama

Ini mungkin tak bisa dilakukan setiap hari sebab ada orang tua yang bekerja. Namun, jika momen itu ada, Anda bisa tidur siang bersama dengan anak-anak, khususnya saat menemukan waktu-waktu membosankan.

4. Buka puasa bersama

Anak-anak gembira tak terkira saat bedug Maghrib terdengar. Momen buka puasa bersama keluarga selalu dinanti. Ibu-ibu memasak makanan kesukaan untuk berbuka, meninggalkan kesan mendalam bagi anak-anak, terutama mereka yang membantu mempersiapkannya. Wajah mereka bersinar dan bersemangat menyambut hari puasa berikutnya.

5. Tarawih berjamaah

Anak-anak senang pergi ke masjid bersama orang tua mereka dan melaksanakan ibadah tarawih bersama. Jika tak sempat ke masjid, laksanakan tarawih berjamaah di rumah. Ini tak kalah menyenangkan untuk anak.

6. Undang keluarga, teman, dan tetangga berbuka bersama

Ini harus direncanakan dengan baik sebelumnya sehingga segala sesuatu berjalan lancar. Anak-anak diajarkan memberi makan orang yang berpuasa adalah pahal besar. Juga, Ramadhan adalah kesempatan untuk berdakwah dan memberi makan orang miskin, anak yatim, serta para musafir.

7. Sambut Idul Fitri dengan dekorasi rumah bersama

Sebelum Anda menyadarinya, Lebaran pun tiba. Subhanallah, betapa waktu terasa begitu cepat berlalu. Berikan anak-anak Anda hadiah dan kesempatan untuk mendekorasi rumah, termasuk kamar tidur mereka. Anak-anak bisa dilibatkan membersihkan rumah atau beberapa barang, serta aktivitas membuat kue Lebaran misalnya. Beri tahu Anda sangat menyayangi anak-anak Anda dan bangga akan mereka karena telah menyelesaikan puasa dengan baik. Berdoalah agar keluarga Anda diberi umur panjang dan bisa bertemu Ramadhan berikutnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES