Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

 

Alumni SMP 85 Jakarta Gelar Bukber dengan Anak Yatim

Ahad 27 Mei 2018 10:10 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana buka puasa bersama dan santunan yatim yang digelar oleh alumni SMP 85 Jakarta angkatan 1985.

Suasana buka puasa bersama dan santunan yatim yang digelar oleh alumni SMP 85 Jakarta angkatan 1985.

Foto: Irwan Kelana/Republika
Bukber dengan anak yatim itu dilaksanakan setiap Ramadhan, sejak empat tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Alumni SMP 85 Jakarta angkatan tahun kelulusan 1985 menggelar buka bersama (bukber) dengan anak yatim. Kegiatan tersebut diadakan di rumah salah seorang alumni, Ratna Mutia, Cinere, Depok, Jawa Barat, Sabtu (26/5).

“Bukber dengan anak yatim ini kami adakan  setiap Ramadhan, sejak empat tahun lalu. Tempatnya berpindah-pindah dari rumah satu alumni ke alumni yang lainnya,” kata perwakilan alumni SMP 85 Jakarta angkatan 1985, Driana Saraswati.

Ia menambahkan, dalam acara bukber Ramadhan 1439 H, komunitas alumni SMP 85 Jakarta angkatan 1985 mengundang anak-anak yatim binaan Yayasan Kesejahteraan Sosial (YKS), Kampung Parungbingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Depok.

Acara tersebut juga dihadiri sekitar 30 alumni SMP 85 Jakarta angkatan 85. “Ini khusus alumni wanita. Sebenarnya yang tergabung dalam WA group alumni sekitar 60 orang. Alamat mereka tersebar di Jadebotabek. Namun yang sempat hadir kali ini sekitar 30 orang,” tuturnya.

Driana mengemukakan, acara bukber tersebut bertujuan untuk memperkuat silaturahim dan persaudaraan sesama anggota. “Selain  itu, juga untuk berbagi dengan anak yatim. Dana untuk penyantunan yatim tersebut merupakan hasil urunan para alumni,” ujarnya.

photo

Suasana buka puasa bersama dan santunan yatim yang digelar oleh alumni SMP 85 Jakarta angkatan 1985.

Pada kesempatan kali ini, panitia mengundang penceramah kondang, Dr KH Hasan Basri Tanjung MA untuk memberikan pembekalan kepada para alumni maupun anak-anak yatim binaan YKS. Dose Institut  Ummul Quro Al Islami (IUQI), Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat; dan pengasuh Sekolah Dinamika Ummat, Telaga Kahuripan, Parung, Bogor itu, mengupas Alquran Surat Al-Kahfi (18) ayat 103-106 yang membicarakan tentang amal yang sia-sia.

Acara bukber itu dilanjutkan dengan shalat Tarawih berjamaah yang diikuti oleh para alumni dan anak-anak yatim binaan YKS.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada komunitas alumni SMP 85 angkatan 85 dan secara khusus kepada shahibul bait (tuan rumah), Bapak Adi Wiyono dan Ibu Ratna Mutia, yang telah mengundang anak-anak yatim kami untuk mengikuti acara bukber  ini sekaligus memberikan santunan kepada mereka. Semoga Allah melipatgandakan pahala kepada komunitas alumni SMP 85 angkatan 85 dan tuan rumah acara bukber ini,” kata pendamping anak-anak yatim YKS, Ustaz Nasrullah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES