Jumat, 8 Syawwal 1439 / 22 Juni 2018

Jumat, 8 Syawwal 1439 / 22 Juni 2018

 

Sekolah Relawan Berbagi Makanan Berbuka Puasa

Kamis 24 Mei 2018 02:13 WIB

Red: Ani Nursalikah

Kaum dhuafa berbuka bersama (ilustrasi).

Kaum dhuafa berbuka bersama (ilustrasi).

Berbagi makanan berbuka dilakukan setiap hari selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga sosial kemanusiaan yang bermarkas di Kota Depok, Jawa Barat, Sekolah Relawan, mempunyai kegiatan Senyumin Langit selama Ramadhan. Salah satu aktivitasnya adalah bagi-bagi makanan berbuka gratis bagi sesama yang disajikan melalui mobil atau dikenal dengan Free Food Car (FFC).

Sekolah  Relawan mengawali  puasa pertama dengan aksi berbuka bersama melalui program (FFC) di Kampung Pemulung Kemiri Muka, Depok. Ratusan warga kampung pemulung berkumpul bersama relawan untuk melaksanakan buka puasa bersama.

Ramadhan kali ini, FFC akan dilaksanakan rutin setiap hari untuk menyediakan takjil dan makanan gratis untuk berbuka, terutama bagi kaum dhuafa dan musafir. Tidak hanya di Jabodetabek, FFC juga akan digelar di beberapa daerah lain diluar Jabodetabek.

Selain menjadi ajang berbagi selama Ramadhan, FFC Ramadhan juga menjadi ladang pembelajaran dan ladang penggalian pengalaman bagi para relawan Ramadhan yang ingin belajar berbagi dan melayani sesama. Tia, salah satu relawan yang ikut serta bersama FFC Sekolah Relawan, mengatakan partisipasinya dalam kegiatan FFC membuatnya belajar merasakan apa yang dirasakan oleh sesama.

“Kita nggak bisa hidup sendiri, kita butuh orang lain yang menemani. Itu yang saya rasakan setelah mengikuti kegiatan ini. Masih banyak orang-orang di sana yang membutuhkan uluran tangan kita” kata Tia.

Selain berhasil menghadirkan senyum di tengah para penerima manfaat, FFC juga berhasil menciptakan senyum relawan yang antusias berbaur dan terlibat obrolan-obrolan seru bersama para penerima manfaat. Banyaknya anak muda yang hadir saat aksi bersama Sekolah Relawan menunjukkan semangat kerelawanan di kalangan anak muda begitu membara dan menyala.

Turun langsung ke tengah masyarakat untuk belajar melayani dan berbagi adalah sebuah pengalaman mahal yang tidak bisa didapatkan di bangku sekolah atau bangku kuliah manapun. Selain bisa ikut aksi bersama FFC, Sekolah Relawan juga mengajak anak-anak muda berkontribusi membantu sesama dalam program #PatunganKebaikan dan #SisihkanUangJajan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA