Kisah Ben Ajarkan Anak Beribadah di Bulan Ramadhan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Selasa 22 May 2018 18:45 WIB

Aktris Ben Kasyafani Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Aktris Ben Kasyafani

Putri Ben Kasyafani, Sienna sering kali bertanya makna berpuasa dan tarawih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ramadhan menjadi kesempatan bagi presenter, Ben Kasyafani untuk mengajarkan anak perempuannya yang berusia lima tahun, Sienna Ameerah Kasyafani untuk beribadah di bulan suci.

Secara perlahan, mantan VJ ini menjelaskan anaknya mengenai berpuasa, salat tarawih dan lainnya. Memang awalnya, disebut Ben tidak mudah untuk mengajak anaknya berpuasa, terlebih lagi ia harus bangun sahur dengan jam yang terlalu pagi bagi Sienna.

"Kemaren sudah bangun, dia minum susu tapi tidur lagi. Terus Puasa, puasa yuk setengah hari enam jam, katanya 'Kayaknya aku ga kuat deh', tapi dia ada ketertarikan," kata Ben belum lama ini.

Dalam mengajak anaknya untuk beribadah ramadhan, Sienna kerap bertanya-tanya mengenai arti dari puasa, atau pun tarawih. Momen ini pun dijadikan Ben sebagai proses bagi anaknya untuk belajar.

Ia mengatakan, dalam menjelaskan mengenai agama, Ben masih memberikan gambaran terkait kesenangan anak. Misalkan surga, Ben mengatakan kepada Sienna bahwa disana ada susu, sehingga ia dapat meminumnya dengan sesuka hati.

Penjelasan yang diberikan kepada Sienna masih disampaikan dalam bentuk bahasa yang dimengerti oleh sang buah hati. Sehingga, ibadah dijelaskan agar nantinya memberikan dampak kebaikan untuk si anak.

Pasa suatu hari saat salat tarawih, Sienna juga tidak menuntaskan seluruh rakaat dalam salat. Namun bagi Ben itu tidak menjadi masalah, karena saat ini Sienna masih dalam tahap belajar.

Menurut Ben, yang paling terpenting yakni menanamkan rasa kecintaan anaknya terhadap ibadah di bulan ramadhan. Orang tua dapat memberikan gambaran bahwa ibadah ini begitu menyenangkan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X