Sukabumi Siapkan Bazar Ramadhan 13-15 Juni

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ilham

 Senin 29 May 2017 16:47 WIB

Bazar Ramadhan (ilustrasi) Foto: Republika/Mg15 Bazar Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi dan Pemkot Sukabumi akan menggelar bazar Ramadhan. Kegiatan tersebut untuk membantu warga dalam membeli barang kebutuhan pokok yang mahal di pasaran.

"Rencananya bazar Ramadhan digelar pada 13-15 Juni mendatang,’’ ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Mikro dan Perdagangan Kabupaten Sukabumi, Ela Nurlaela kepada Republika.co.id, Senin (29/5).

Bazar akan digelar di halaman kantor Dinas KUKM dan Perdagangan yang berlokasi di Cibolang, Kecamatan Cisaat. Menurut Ela, bazar akan menjual beragam barang kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau dan lebih murah dibandingkan dengan yang ada di pasaran. Di antaranya beras, daging sapi, sejumlah komoditas sayuran seperti cabai merah dan barang kebutuhan masyarakat lainnya.

Bazar ini dilakukan dengan menggandeng sejumlah instansi terkait, seperti Dinas Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, dan Badan Urusan Logistik (Bulog). Khusus Bulog menyiapkan beras dan jenis komoditas lainnya.

Ela menerangkan, penyelenggaraan bazar ini untuk membantu warga Sukabumi dalam membeli barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan di pasaran. Terlebih pada momen menjelang puasa dan lebaran biasanya harga sembako mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya.

Di samping bazar Ramadhan, pemkab juga akan menggelar operasi pasar murah (OPM) dengan melibatkan Pemprov Jawa Barat. "Namun waktu OPM masih menunggu keputusan dari provinsi, termasuk jenis komoditas yang dijual,’’ kata dia.

Harapannya, pelaksanaan OPM akan digelar dalam waktu dekat ini. Selain di Kabupaten Sukabumi, bazar Ramadhan pun akan digelar di Kota Sukabumi. ’’Rencananya bazar akan digelar di sepuluh titik berbeda mulai Selasa (30/5),’’ kata Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Kesepuluh titik itu antara lain di kantor kecamatan tujuh titik dan sisanya di lokasi lain.

Hari pertama akan dilakukan di Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole. Selepas itu akan diteruskan ke kecamatan lainnya secara bergantian. Fahmi menerangkan, pelaksanaan bazar Ramadhan ini sudah rutin digelar setiap bulan puasa. Targetnya masyarakat yang tidak mampu dapat membeli barang kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau.

Pelaksanaan bazar murah Ramadhan juga digelar oleh dharma wanita persatuan (DWP) Kota Sukabumi. Namun, lokasi pelaksanananya berbeda dengan yang dilakukan pemkot.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X