Takjil Ngabuburit Ramadhan di Masjid KH Hasyim Asy'ari

Red: Agus Yulianto

 Senin 29 May 2017 14:11 WIB

Takjil Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari Foto: dok.Istimewa Takjil Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari kini menjadi objek wisata religi dan tempat ngabuburit bagi warga Jakarta untuk menghabiskan waktu jelang berbuka puasa di bulan Ramadhan 1438 Hijriah. Di hari kedua pada bulan Ramadhan, Ahad (28/5) warga terlihat sudah memadati masjid yang berlokasi di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat tersebut.

Menurut Pengurus Masjid Raya Hasyim Asy’ari, Subur, pihaknya telah menyiapkan 500 sampai 600 takjil dan 500 makanan berat. "Semuanya gratis diberikan kepada warga yang ingin berbuka puasa di Masjid KH Hasyim Asy'ari," ujar dia melalui keterangan yang disampaikan kepada Republika.co.id, Senin (29/5). Subur adalah pengurus Masjid Raya KH Hasyim Asyari sejak masih dirancang sudah ikut andil. 

Selain itu, warga juga dapat mengunjungi stand bazar yang di buka dari pukul 15.00 WIB sampai jelang adzan Maghrib. Stand bazar tersebut berisi jajanan kuliner khas nusantara, dan pernak-pernik aksessoris lainnya.

"Setiap harinya sekitar 3.000 pengunjung yang datang ke sini. Kemarin ada rombongan dari Aceh, dan dari Jambi yang sengaja wisata ke sini," kata Subur

"Apalagi sekarang bulan Ramadhan, semakin banyak yang berkunjung ke sini, bahkan ada yang i'tikaf di sini," ujarnya

Dikatakan Subur, bahwa Masjid KH Hasyim Asy'ari itu dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektare dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 meter persegi ini berlokasi tak jauh dari Jalan Raya Daan Mogot. Masjid ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 April 2017.

Subur mengatakan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan hadir pada puncak acara kegiatan Ramadhan di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari pada 17 Ramadhan 1438 Hijriah, bertepatan dengan nuzulul Quran.

Pengasuh pondok pesantren Assidiqiyah KH. Zuhri Yaqub yang juga merupakan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Raya Hasyim Asy'ari, memberikan tausyiah usai shalat Isya berjamaah, Ahad malam (28/5). "Kegiatan jamaah selama Ramadhan di Masjid Raya diisi dengan tadarus Alquran dan ceramah agama usai shalat tarawih nanti," ujar kiai Zuhri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X