Bukit Sleker Jadi Tempat Favorit Ngabuburit

Red: Yudha Manggala P Putra

 Senin 29 May 2017 06:22 WIB

Seorang siswa SD Nampak bermain ayunan di Taman Menteng Jakarta, Senin (5/10). Foto: Republika/Darmawan Seorang siswa SD Nampak bermain ayunan di Taman Menteng Jakarta, Senin (5/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Warga Magelang dan sekitarnya memilih menunggu berbuka puasa dengan berwisata di Bukit Sleker Asri di lereng Gunung Sumbing, di Desa Gandusari, Bandongan, Kabupaten Magelang, Ahad (28/5).

Keindahan alam pegunungan yang masih alami dengan udara sejuk menjadi favorit tersendiri dalam menunggu berbuka puasa sekaligus meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Lokasi bukit Sleker Asri berjarak sekitar tujuh kilometer sebelah barat Kota Magelang. Lokasi wisata itu dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Gandusari, Perum Perhutani KPH Kedu Utara.

Seorang pengunjung yang juga warga Genuk, Semarang, Anis Khusnul (30), mengatakan datang ke Bukit Sleker bersama suami dan anaknya untuk menikmati keindahan dan kesejukan alam di Bukit Sleker Asri. "Kebetulan kami sedang silaturahmi ke orang tua, jadi saya sempatkan ke Bukit Sleker yang indah ini," katannya.

Ia mengatakan lokasi wisata itu dilengkapi permainan untuk anak-anak, seperti ayunan dan ketangkasan outbond. Di lokasi yang indah itu, pengunjung bisa mengabadikan kenangan dengan berfoto.

Pengunjung lainnya, Dodi, mengatakan menjadi kenikmatan tersendiri saat berbuka puasa di Bukit Sleker Asri. Nuansa hutan menambah nikmat dalam berbuka. Makanan bisa membawa sendiri atau membeli dari pedagang setempat.

Ia mengatakan tiket masuk lokasi wisata cukup murah, yakni Rp 4.000 per orang sudah termasuk asuransi.

Pemuda dan pemudi LMDH yang mengelola lokasi wisata juga ramah. Mereka tidak segan menasihati pengunjung agar menjaga kebersihan dan ketertiban.

Seorang pengelola Bukit Sleker Asri, Muhammad, mengatakan tempat wisata itu banyak dikunjungi wisata pada akhir pekan, jumlahnya mencapai lebih dari 300 pengunjung.

Pengunjung pada hari biasa sekitar puluhan orang. Mereka tidak hanya dari Magelang, namun juga dari luar kota, seperti Temanggung bahkan Semarang. "Lokasi wisata ini termasuk baru, belum banyak dikenal. Di bulan Ramadhan banyak warga yang datang sore hari untuk ngabuburit," katanya.

Ia mengatakan Bukit Sleker Asri berlokasi di wilayah Perhutani sehingga berada dalam pengawasan dan pembinaan Perum Perhutani KPH Kedu Utara. Keberadaannya kini mulai mampu meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X