Tim Kebersihan dan Keamanan Pesantren Dapat Berkah Fitrah

Red: Irwan Kelana

 Rabu 06 Jul 2016 20:35 WIB

Para petugas kebersihan pesantren BMH Depok mendapatkan distribusi zakat fitrah. Foto: Dok BMH Para petugas kebersihan pesantren BMH Depok mendapatkan distribusi zakat fitrah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menjelang akhir Ramadhan 1437 H, Baitul Maal Hidayatullah (BMH)  melakukan kunjungan ke pesantren. "Pada  akhir Ramadhan seperti sekarang, suasana lingkungan pesantren relatif sunyi dan hanya terlihat beberpa orang saja yang sedang melakukan aktivitas di lingkungan pesantren," ungkap Manajer Pendayagunaan BMH DKI Ismail dalam rilis yang dikirimkan kepada Republika.co.id, Selasa (5/7/2016).

"Pemandangan itu terjadi dikarenakan aktivitas pesantren mulai dari kegiatan belajar-mengajar formal dan informal atau kepesantrenan sudah diliburkan sejak pertengahan puasa Ramadhan," imbuhnya.

Namun di sisi lain terlihat masjid pesantren masih ada sebagian orang yang secara bergiliran terlihat rukuk dan sujud silih berganti.

"Mereka adalah masyarakat sekitar pesantren sedang melakukan i’tikaf di Masjid Ummul Quro. Itu adalah rutinitas yang selalu dilakukan pada saat akhir Ramadhan,”ungkap Ustadz Shiddiq dari BMH saat melintas, menghampiri dan bercerita kondisi pesantren yang berada di Kalimuya Cilodong Depok, Jawa Barat.

Pada saat yang sama tim keamanan dan kebersihan pesantren yang sedang menjalankan tugas dikumpulkan untuk kemudian tim pendayagunaan BMH membagikan berkah fitrah kepada mereka. "Mereka memang berasal dari keluarga yang kurang mampu, sehingga termasuk pihak yang berhak untuk mendapatkan penyaluran program berkah fitrah BMH," ucap Ismail.

Atas tersampaikannya amanah umat kepada tim kebersihan dan keamanan pesantren, Heru selaku Kepala Keamanan Pesantren mengaku bahagia. "Terima kasih BMH. Kami juga dapat perhatian, semoga apa yang kami terima ini memberikan ridha Allah kepada seluruh pendukung BMH," ucapnya dengan tersenyum penuh haru.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X