Inilah Keutamaan Sedekah di Bulan Mulia

Red: Irwan Kelana

 Selasa 14 Jun 2016 17:37 WIB

Majelis Azzikra yang dipimpin oleh  Ustadz Muhammad Arifin Ilham saat ini sedang membangun Masjid Az-Zikra di di Desa Cibadung,  Gunung Sindur,  Bogor, Jawa Barat.  Pembangunan masjid tersebut masih memerlukan uluran tangan kaum Muslimin agar bisa segera selesai. Foto: Dok Az-Zikra Majelis Azzikra yang dipimpin oleh Ustadz Muhammad Arifin Ilham saat ini sedang membangun Masjid Az-Zikra di di Desa Cibadung, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Pembangunan masjid tersebut masih memerlukan uluran tangan kaum Muslimin agar bisa segera selesai.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Ramadhan merupakan bulan sedekah. Kaum Muslimin sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan.  “Banyak sekali keutamaan sedekah di bulan mulia ini. Karena itu mari kita memperbanyak sedekah pada bulan Ramadhan,” kata Pimpinan Majelis Az-Zikra Ustadz Muhammad Arifin Ilham dalam broad cast yang dikirimkan kepada Republika, Selasa (14/6).

Ustadz Arifin mengemukakan, banyak sekali ayat Alquran dan Hadits Rasulullah SAW yang menjabarkan keutamaan sedekah, apalagi di bulan Ramadhan seperti saat ini.

Salah satunya adalah Alquran Surah Al-Baqarah ayat 261, yang artinya, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

Pada ayat yang lain, QS Al-Baqarah 245, Allah SWT mengemukakan, “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik (menginfakkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan ganti kepadanya dengan yang lebih banyak. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah bersabda,  “Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah, walaupun sekecil sarang burung atau lebih kecil lagi, niscaya Allah akan bangunkan baginya rumah di dalam surga-Nya” (HR Ibnu Majah). “Bersegeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah.” (HR Thabrani).

Dalam hadits lain disebutkan, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ (HR At-Tirmidzi).
Arifin menambahkan, bersedekah di bulan Ramadhan lebih utama lagi. “Seutama-utama sedekah  adalah shadaqah di bulan Ramadhan.” (HR At-Turmudzi).

Arfin mengemukakan, bersedekah di bulan Ramadhan, pahalanya dinaikkan menjadi 70 kali lipat.  "Dan barang siapa melakukan amal kebaikan di dalamnya (Romadhon), maka pahalanya seperti melakukan 70 kebaikan dibanding bulan lainnya." (HR Ibnu Huzaimah).

Majelis Azzikra yang dipimpin oleh  Ustadz Muhammad Arifin Ilham saat ini sedang membangun Masjid Az-Zikra di Pesantren Az-Zikra yang berlokasi di  Desa Cibadung,  Gunung Sindur,  Bogor, Jawa Barat.  Pembangunan masjid tersebut masih memerlukan uluran tangan kaum Muslimin agar bisa segera selesai.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X