Sabtu, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 Februari 2019

Sabtu, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 Februari 2019

 

Sambut Ramadhan, Warga Gorontalo Bersih-Bersih Masjid

Kamis 02 Jun 2016 19:44 WIB

Red: Agung Sasongko

Kaum Muslim di Gorontalo melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Baiturrahim, Gorontalo.

Kaum Muslim di Gorontalo melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Baiturrahim, Gorontalo.

Foto: Antara/Adiwinata Solihin

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Warga Muslim di Provinsi Gorontalo melakukan pembenahan maupun renovasi tempat ibadah seperti masjid dan mushala menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah.

Sejumlah taqmirul masjid di Kota Gorontalo ketika ditemui, Kamis, menjelaskan bahwa sudah menjadi tradisi ataupun kebiasan kaum Muslim beberapa hari menjelang datangnya bulan suci Ramadhan untuk melakukan pembenahan maupun renovasi masjid ataupun musholla.

Salah seorang ketua taqmirul masjid di Kota Gorontalo Efendy Ishak mengatakan pembenahan yang dilakukan seperti mengecat dan memperbaiki tembok yang rusak, seng yang bocor, penerangan, perbaikan keramik serta membersihan tempat mengambil air wudhu.

"Kami sudah beberapa hari melakukan pengecetan tembok masjid serta menganti kabel jaringan listrik untuk penerangan," kata Efendy.

Seorang ketua taqmirul masjid lainnya Erwin Daud mengatakan menjelang datangnya puasa, banyak sumbangan yang diberikan para jamaah untuk perbaikan dan pengecetan tempat ibadah.

"Selain menerima sumbangan berupa cat dan keramik, juga ada bantuan beberapa buah kipas angin serta karpet dan sajadah," kata Erwin.

Dia menjelaskan setiap tahun menjelang puasa memang dilakukan pembenahan fasiiltas masjid sehingga lebih nyaman digunakan jamaah saat menunaikan amal di bulan suci Ramadhan selama sebulan.

Selain menerima bantuan dari jamaah di sekitar masjid ataupun musholla, taqmirul juga menerima sumbangan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo serta Kota Gorontalo dan ada juga dari anggota legislatif.

"Pembenahan ataupun renovasi biasanya selesai dilaksanakan sehari menjelang dimulainya bulan suci Ramadhan yang ditandai dengan sholat taraweh," kata Erwin.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA