Sunda Kelapa Penuh Kegiatan Harian Selama Ramadhan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Achmad Syalaby

 Selasa 31 May 2016 16:03 WIB

Warga melintas dikawasan Masjid Sunda Kelapa, Jakarta. Masjid dinilai tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, dan juga berperan membangung ekonomi umat. Foto: Republika/Tahta Aidilla Warga melintas dikawasan Masjid Sunda Kelapa, Jakarta. Masjid dinilai tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, dan juga berperan membangung ekonomi umat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, menghadirkan rangkaian acara untuk memeriahkan Ramadhan 1437 Hijriyah. Sekretaris Eksekutif Masjid Agung Sunda Kelapa, Izzudin Syamma, menuturkan sejumlah kegiatan yang akan dijalankan Sunda Kelapa selama bulan suci Ramadhan.

 

Ia menekankan, kegiatan rutin sepanjang hari itu bertujuan mengakomodasi jamaah, yang hendak mengisi Ramadhan dengan rutinitas bermanfaat."Kegiatan itu sepanjang hari, jadi masyarakat yang ingin mengisi hari dengan manfaat bisa selalu datang," kata Izzudin kepada Republika.co.id, Selasa (31/5).

Ia menerangkan, rangkaian kegiatan dimulai dengan sahur bersama secara gratis, yang diikuti dengan kuliah Subuh dan shalat Subuh berjamaah. Kemudian, akan ada pengajian yang dapat diikuti sebelum dan sesudah Shalat Zuhur berjamaah untuk mengakomodasi masyarakat yang hendak mengisi waktu siang.

Setelah Shalat Ashar berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan tadarus Alqur'an yang biasanya dilaksanakan sampai menjelang Maghrib. Ia mengatakan, barulah masyarakat dapat mengikuti kegiatan buka bersama dan mendapatkan santapan secara gratis dari Sunda Kelapa.

Izzudin menambahkan, tadarus Alqur'an yang dilakukan ba'da Ashar tadi akan dilanjutkan setelah berbuka, tentu usai melaksanakan shalat Maghrib berjamaah. Terakhir, ada ceramah menjelang tarawih dan pelaksanaan Shalat Tarawih, yang biasanya dilanjutkan dengan itikaf ketika masuk 10 malam terakhir Ramadhan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X