Pemuda Kristen Gaza Tawarkan Muslim Minuman Berbuka Puasa

Rep: marniati/ Red: Damanhuri Zuhri

 Senin 22 Jun 2015 10:44 WIB

 Warga Palestina merayakan datangnya bulan suci Ramadhan di Gaza, Rabu (17/6).  (AP/Adel Hana) Warga Palestina merayakan datangnya bulan suci Ramadhan di Gaza, Rabu (17/6). (AP/Adel Hana)

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Sebuah gambar yang menunjukan pemuda Kristen Palestina berdiri di jalan Gaza pada saat menjelang berbuka puasa, tersebar di dunia maya.  

Mereka menyerahkan botol air minum kepada Muslim yang terjebak kemacetan menjelang berbuka puasa. Hal ini sebagai simbol persatuan. 

"Ketika Anda melihat orang Kristen mendistribusikan air untuk Muslim yang tidak bisa membelinya karena kondisi tertentu. Hal itu membuat saya bangga menjadi warga Palestina," ujar penulis Palestina, Mohammed Matter, seperti dilansir onislam (21/6).

Gambar tersebut juga disebarkan di media sosial oleh pemenang penghargaan produser berita, wartawan, pembuat film dan analis Timur Tengah, Jamal Dajani. 

Israel membom Gaza tahun lalu, efek dari bom dan penembakan masih sangat banyak di sana. Gaza telah diblokade oleh Israel sejak tahun 2006. Sejak saat itu, sekita 1,8 juta warga Gaza tidak memiliki mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Blokade membuat sebagian besar warga Gaza terputus dari dunia luar dan berjuang untuk melawan kemiskinan dalam keputusasaan.

Laporan PBB Mei 2013 mengungkapkan kemiskinan mencapai 40 persen di antara penduduk Gaza, di antaranya 80 persen bergantung pada bantuan luar.

 

 

 

 

Berita Lainnya

Play Podcast X