Polda Banten Siagakan 1.600 Personel untuk Amankan Mudik

Rep: C81/ Red: Bayu Hermawan

 Jumat 19 Jun 2015 22:45 WIB

 Kapolda Banten, Brigjen Pol Boy Rafli Amar. Foto: Republika/Raisan Al Farisi Kapolda Banten, Brigjen Pol Boy Rafli Amar.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kepolisian Daerah (Polda) Banten menyiapkan sebanyak 1.600 personel untuk mengamankan arus mudik lebaran tahun 2015. Pengamanan tersebut akan dimulai sejak di H-10 hingga H+10.

"Personel yang akan kita terjunkan sebanyak 1600 personil dibantu oleh TNI, Dinas perhubungan, dan juga dinas kesehatan," kata Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafly Amar kepada wartawan di Kota Serang, Jumat (19/6).

Boy menjelaskan, pihak kepolisian juga memfokuskan pengamanan dibeberapa tikik rawan kemacetan dan keramaian, terutama di Pelabuhan Merak yang rawan akan kejahatan, baik diatas kapal maupun di wilayah dermaga.

"Kita tempatkan personil dibeberapa titik rawan kemacetan, keramaian terutama menjaga kemanan di Pelabuhan Merak dari pembiusan dan copet, tempat wisata mulai dari anyer, labuan, carita dan tempat tempat ziarah yang kerap ramai dikunjungi masyarakat saat idul fitri itu diperkuat pengamanannya," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pada titik-titik pasar tumpah di jalur arus mudik dari Cikande, Kabupaten Serang menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon polisi akan mengupayakan rekayasa lalu lintas.

"Akan menepatkan alat alat dilapangan yang memungkinkan, paling tidak, pedagang tidak menutupi bahu jalan, marka tali pembatas, maksimal para pedanga berjualan," ujarnya.

Hal itu diberikan, lanjut Boy, agar masyarakat yang akan merayakan serta melakukan perjalanan arus mudik dapat dengan nyaman dan aman untuk merayakan lebaran dikampung halamannya masing masing.

"Selama ramadan ini juga kita lakukan pengamanan, bahkan terus melakukan rajia hal hal yang dapat menggagu kemanan dan ketentraman," katanya lagi.

Sementara itu, Wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengakui banyaknya pasar tumpah yang berada dijalur nasional diwilayahnya  sudah menyiapkan langkah antisipasi dengan menerjunkan tim dari Dishub serta dibantu oleh pihak kepolisian.

"Dari pertigaan Asem Cikande, kita ini kan lintasan, jalur mudik, tapi yang sudah sudah insyallah lancar tidak ada kendala," ucap Tatu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X