Keluarga Konghucu: Selamat Berpuasa Ramadhan Umat Muslim

Rep: C30/ Red: Erik Purnama Putra

 Kamis 18 Jun 2015 04:36 WIB

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (16/6) malam, bersolek menyambut Ramadhan. Foto: Republika/Wihdan H Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (16/6) malam, bersolek menyambut Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta -- Keluarga Besar Generasi Muda Khonghucu Indonesia (Gemaku) mengucapkan salam selamat untuk muslim Indonesia. Di sinilah moment toleran bisa ditunjukkan.

"Jika berkenan ini pesan kami atas nama Generasi Muda Khonghucu Indonesia mengucapkan selamat memasuki masa ibadah puasa Ramadhan 1436 H bagi para kawan dan sahabat yang menjalankan," kata Kris Tan saat dihubungi Republika Online, Kamis (18/6).

Kris berpendapat, bahwa momen Ramadhan ini bisa dijadikan sebagai pengukuhan makna sebuah toleransi. Indonesia yang tak hanya beragam suku bahasa dan budaya serta agama, harus dapat menghargai setiap perbedaan yang ada.

"Semoga momen ramadhan ini, menjadikan umat manusia khususnya Indonesia, semakin menjalin toleransi dalam keragaman, dan saling menghargai dalam perbedaan," kata Kris

Selain itu, dalam kaca mata Kris, momentum Ramadhan ini bisa sebagai wadah introspeksi diri bagi semua pihak. Menurut dia, setiap individu wajib untuk menjadi lebih baik lagi. Tentu itu didapat dari introspeksi, sebagaimana pesan Zhng Yong.

"Dilihat tiada nampak, didengar tiada terdengar, namun tiap wujud tiada yang tanpa Dia. Demikianlah menjadikan setiap umat manusia. Berpuasa, membersihkan hati dan mengenakan pakaian lengkap, sujud bersembahyang kepada-Nya. Sungguh Maha Besar Dia, terasakan di atas dan kanan kiri kita."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X