BI: Kebutuhan Uang Hingga Lebaran Rp 125 Triliun

Red: Ani Nursalikah

 Kamis 18 Jun 2015 06:00 WIB

  Petugas menyiapkan pasokan uang tunai untuk kebutuhan anjungan tunai mandiri di salah satu kantor bank di Jakarta, Jum'at (21/12).  (Republika/Aditya Pradana Putra) Petugas menyiapkan pasokan uang tunai untuk kebutuhan anjungan tunai mandiri di salah satu kantor bank di Jakarta, Jum'at (21/12). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memproyeksikan jumlah uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah mencapai Rp 125 triliun.

"Secara umum, kebutuhan masyarakat hingga Lebaran diperkirakan berkisar antara Rp 119 triliun sampai Rp 125 triliun," ujar Agus di Jakarta, Rabu (17/6).

Menurut dia, jumlah tersebut didapatkan dari kegiatan pengkajian Bank Indonesia yang telah dilakukan untuk memprediksikan pasokan uang yang diperlukan publik dalam satu bulan ke depan.

Ia mengatakan walaupun jumlah maksimal sebesar Rp 125 trilun telah didapatkan BI dalam perhitungan tersebut, pihaknya akan terus memantau peningkatan kebutuhan jumlah uang pada Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Secara umum, Bank Indonesia meyakini persediaan pasokan uang saat ini masih pada kondisi yang baik," katanya.

Sebelumnya, Bank Indonesia telah menyediakan uang tunai Rp 118,5 triliun dalam satu bulan untuk mencukupi permintaan masyarakat hingga Lebaran 2014. Angka tersebut meningkat 14,9 persen jika dibandingkan 2013.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X