Ulama Serukan Muslim Irlandia Undang Tetangganya untuk Berbuka Puasa

Red: Indah Wulandari

 Kamis 11 Jun 2015 11:54 WIB

Muslim Irlandia shalat berjamaah. Muslim Irlandia shalat berjamaah.

REPUBLIKA.CO.ID,DUBLIN -- Menjelang Ramadhan, ulama di Irlandia menyerukan  umat Muslim mengundang para tetangganya untuk berbuka bersama.

“Alangkah baiknya jika Muslim Iralndia menjadi contoh bagi miliaran umat Islam dunia dengan berbagi menu buka bersama tetangganya,” cetus  pendiri Irish Muslim Peace and Integration Council (Impic) Sheikh Muhammad Umar al-Qadri pada The Irish Times, Kamis (11/6).

Awal Ramadhan disana diperkirakan pada 18 Juni mendatang. Sehingga al-Qadri benar-benar mengingatkan umat Muslim di negaranya agar menunjukkan nilai-nilai keislaman yang dipenuhi semangat berbagi.

Al-Qadri sendiri memaparkan bahwa Impic akan membagikan makanan iftar di  area al-Mustafa Islamic Centre, Coolmine, Dublin pada 26 Juni mendatang. Mereka juga mengundang warga Yahudi yang menjadi korban tragedi Holocaust Tomi Reichental.

Umat Muslim di Irlandia mencakup 1,1 persen di antara 4,5 juta warga Irlandia. Jumlahnya diperkirakan sekitar 4.000 orang pada dua dekade lalu.  Dalam sensus 2011, jumlahnya menjadi 49.204 orang Muslim. Sebanyak 12.000 di antaranya merupakan anak sekolah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X