Baznas NTB Targetkan Penyaluran ZIS 1 Miliar

Red: Agung Sasongko

 Selasa 08 Jul 2014 15:47 WIB

Zakat (ilustrasi) Foto: Republika/Tahta Aidilla Zakat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Badan Amil Zakat (Baznas) Provinsi Nusa Tenggara Barat menargetkan penyaluran zakat, infaq, sedekah (ZIS) kepada masyarakat di wilayah itu pada bulan Ramadhan sampai hari raya Idul Fitri 1435 H bisa mencapai Rp1 miliar.

Ketua Harian Baznas Provinsi NTB TGH Muhammad Anwar MZ mengatakan, pada periode pertama Januari sampai Juli di bulan Ramadhan, pihaknnya sudah menyalurkan ZIS kepada masyarakat Rp2,364 miliar lebih. "Dana itu bersumber dari sumbangan para pemberi ZIS sebesar Rp2,264 miliar lebih dan pengembalian dana bergulir sebesar Rp100 juta kata Anwar MZ.

Menurutnya, dana tersebut disalurkan kepada para penerima ZIS atau mustahiq, termasuk para pengurus amil dan para penerima khusus kepada lembaga atau yayasan, ponpes, madrasah, masjid di kabupaten dan kota se-NTB, masing-masing Rp10 juta.

Ia menyebutkan, dana zakat dari yang diberikan kepada masyarakat umum dan penerima khusus, baik telah disalurkan maupun akan disalurkan di bulan Ramadhan, terhitung sejak periode bulan Januari sampai Juni 2014 sebesar Rp2,264 miliar lebih.

Rinciannya, Kota Mataram jumlah penerima 1.550 orang, uang yang sudah disalurkan Rp155 juta, selanjutnya Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur masing-masing penerima bantuan sebanyak 4.650 orang dan uang masing-masing sebesar Rp465 juta.

Sedangkan, Kabupaten Lombok Utara penerima bantuan sebanyak 3.000 orang dan uang sebesar Rp300 juta. Sementara untuk kabupaten/kota di Pulau Sumbawa sebanyak 1.000 orang dan uang sebesar Rp100 juta.

Untuk para mustahiq yang ada di SKPD sebanyak 1.000 orang dan uang sebesar Rp100 juta, sedangkan dana zakat penerima khusus yang belum dilaksanakan sebesar Rp100 juta, operasional rumah sehat Baznas NTB sebesar Rp50 juta dan untuk amilin (amil pengurus dan amil UPZ SKPD) sebesar 6 persen dengan total Rp64,15 juta.

"Total dana di Baznas yang sudah dan belum serta akan disalurkan sebesar Rp2,264 miliar lebih," kata Anwar MZ.

Sementara itu, dana yang sudah disalurkan baik kepada masyarakat umum maupun penerima khusus, sudah mencapai Rp1,459 miliar lebih. Dengan rincian Kota Mataram sebanyak 300 orang, uang sebesar Rp30 juta, Kabupaten Lombok Barat 4.600 orang, uang sebesar Rp460 juta, Lombok Tengah 4.650 orang, uang sebesar Rp465 juta, Lombok Timur sebanyak 1.900 orang uang sebesar Rp190 juta, Lombok Utara sebanyak 2.000 orang uang sebesar Rp200 juta.

"Kalau untuk operasional rumah sehat Baznas NTB sebesar Rp50 juta, amilin (Amil pengurus dan amil UPZ SKPD) sebesar Rp64,15 juta, sehingga total secara keseluruhan sebesar Rp1,459 miliar lebih," kata Anwar MZ.

Oleh karena itu, sesuai arahan Gubernur NTB dana yang berhasil dikumpulkan dari sumbangan masyarakat, begitu diterima langsung disalurkan ke masyarakat, sehingga tidak ada dana dari masyarakat yang didepositokan di bank. Selain sumbangan dari masyarakat umum, ujar Anwar, pihaknya di bulan Ramadhan juga terkadang menerima zakat fitrah dari masyarakat untuk disalurkan kembali kepada yang berhak menerimanya.

"Biasanya kalau zakat fitrah di kabupaten kota, tetapi kalaupun ada yang mengarahkan zakatnya ke Baznas NTB, kami mempersilakannya," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X