Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

 

Lembaga Zakat Tetapkan Target (2-habis)

Senin 16 Jun 2014 09:01 WIB

Rep: c64/c78/ Red: Damanhuri Zuhri

Logo Baznas.

Logo Baznas.

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID,

Konter penghimpunan diperbanyak termasuk di mal-mal.

Sebanyak 435 anak yatim dan dhuafa secara bergiliran akan dipangkas rambutnya oleh 50 pemangkas rambut dari Jhonny Andrean School and Training di pelataran parkir gedung Indosat Jakarta.

Sisanya yakni seribu anak yatim lainnya mendapat kesempatan sama di sepuluh kota. Yakni Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makasar pada 15,21, dan 22 Juni 2014.

Menurut Juwaini, intinya Dompet Dhuafa mengajak masyarakat bersih-bersih menjelang Ramadhan, yaitu membersihkan harta mereka. Ia menargetkan penghimpunan zakat Ramadhan tahun ini sebesar Rp 80 miliar.

Target tersebut lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, Rp 64 miliar. Juwaini optimistis dana Rp 80 miliar dapat tercapai sebab Dompet Dhuafa sudah melakukan persiapan matang. Di Jakarta ada seratus konter untuk menghimpun zakat.

Puluhan  lainnya tersedia di berbagai kota lainnya. ‘’Tak hanya itu, kami melakukan sosialisasi dan kampanya di radio, televisi, dan surat kabar untuk mengedukasi masyarakat berzakat,’’ jelas Juwaini.

Al-Azhar Peduli Ummat (APU)  memfasilitasi muzaki dengan membuka tiga konter di Masjid Al Azhar yakni di sisi depan, samping, dan belakang. Di luar masjid, mereka menggandeng dewan kemakmuran masjid (DKM) mal di seluruh Jakarta.

‘’Tahun lalu kami kerja sama dengan empat mal untuk buka konter. Sekarang  kami buka 13 buah dan semuanya hasil kerja sama dengan DKM di mal,’’ kata General Manager Fund Rising and Communication APU Nanda Putera.

Ia meyakini Ramadhan sekarang dapat mengumpulkan Rp 10 miliar dana zakat, infak, dan sedakah. Pada 2013, lembaga zakat ini mampu mendapatkan Rp 6 miliar.

Rumah Zakat menyuguhkan program Smile Day, bersamaan dengan Car Free Day, di Jakarta, Ahad. Kepala Program Rumah Zakat Jakarta Praspurworo mengatakan, saat ini banyak orang sulit tersenyum.

Padahal, senyuman dapat memberikan efek positif kepada orang lain. ’’Seseorang akan memperoleh kebahagiaan setelah tersenyum maupun mendapatkan senyuman,’’ kata dia. Ramadhan pun mesti disambut dengan senyuman.

Ini maknanya, setiap orang siap memasuki bulan suci. Smile Day berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.



  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA