Istiqlal Siapkan Buka Puasa untuk 5 Ribu Orang

Rep: Ani Nursalikah/ Red: A.Syalaby Ichsan

 Ahad 07 Jul 2013 13:25 WIB

Masjid Istiqlal, Jakarta. Foto: IST Masjid Istiqlal, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai program untuk menyemarakkan Ramadhan telah disiapkan, tidak ketinggalan masjid-Masjid yang ada di Jakarta.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Masjid Istiqlal menggelar kegiatan rutin, seperti shalat tarawih berjamaah, buka puasa bersama, sahur bersama, dan qiyamul lail atau shalat malam. 

Imam Besar Masjid Istiqlal KH Ali Mustafa Yaqub mengatakan, pengurus masjid akan menyediakan porsi buka bersama bagi sekitar 3.000 - 5.000 orang. Buka bersama akan dilaksanakan selama 30 hari penuh.

Sedangkan sahur bersama akan dilaksanakan pada 10 hari terakhir. Begitu juga dengan qiyamul lail. Shalat malam dimulai pukul 02.00 hingga 04.00. Porsi sahur bersama disiapkan bagi 1.000 orang.

Anggaran untuk sahur dan buka puasa bersama itu kami dapatkan dari orang pribadi atau lembaga. Tahun lalu, misalnya, Kedutaan Uni Emirat Arab juga berpartisipasi, ujarnya, Jumat (5/7).

Ketua Pengurus Masjid Istiqlal Adnan Harahap mengatakan, kegiatan tersebut adalah bagian dari 17 program yang telah disiapkan.

Sebanyak sembilan imam besar Masjid Istiqlal akan memimpin shalat tarawih dan ceramah selama bulan suci Ramadhan. Tidak ketinggalan berbagai tokoh agama dan kenegaraan juga akan datang menunaikan tarawih.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X