Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

 

Jumlah Pemudik dari Terminal Cicaheum Mulai Naik Signifikan

Ahad 02 Jun 2019 12:57 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Hasanul Rizqa

Suasana di Terminal Cicaheum, Bandung pada Selasa (19/6). Terminal Cicaheun masih menjadi tempat pemberangkatan pemudik

Suasana di Terminal Cicaheum, Bandung pada Selasa (19/6). Terminal Cicaheun masih menjadi tempat pemberangkatan pemudik

Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Menurut kepala Terminal Cicaheum, puncak arus mudik diperkirakan pada hari ini

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mendekati hari raya Idul Fitri, peningkatan jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, mulai tampak. Pemudik yang akan menuju Priyangan Timur dan Jawa Tengah mulai berdatangan ke salah satu terminal besar di kota tersebut.

Baca Juga

Berdasarkan data dari otoritas Terminal Cicaheum, hingga H-4 Lebaran atau Sabtu (1/6) lalu sudah ada peningkatan jumlah penumpang bus. Bila dibandingkan dengan hari sebelumnya, maka tampak peningkatan sekitar 25 persen jumlah penumpang yang akan berangkat mudik.

"H-5 tercatat ada 3.380 penumpang dengan jumlah bus 219 unit. Untuk H-4, ada kenaikan jadi 4.255 orang penumpang dengan jumlah armada 245 unit," kata Kepala Terminal Cicaheum Roni, Ahad (2/6).

Roni menuturkan, jumlah tersebut naik cukup signifikan dibanding hari-hari sebelumnya yang mengalami penurunan. Pada H-4 Lebaran tahun ini, jumlah penumpang juga tercatat mengalami kenaikan 12 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Sementara untuk hari-hari sebelumnya, Roni menilai keberangkatan pemudik masih sepi.  Pada H-6 berangkat 3.530 pemudik yang dibandingkan dengan data tahun lalu turun sekitar 25 persen dati 4.684 orang.

"H-5 juga turun dari dari tahun lalu sekitar 28 persen. Dengan hari sebelumnya juga turun jadi 3.380 penumpang kan," ujarnya.

Menurutnya penurunan pada hari sebelumnya dikarenakan belum semua pekerja libur. Sehingga baru berangkat mudik pada hari Sabtu. Selain itu, banyak juga mudik-mudik gratis yang disediakam pemerintah sehingga masyarakat banyak yang memanfaatkan program tersebut.

Ia memprediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada sore hari ini. Banyak bus yang berangkat pada sore dan malam terutama bus-bus menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kalau prediksi puncak arus mudik diperkirakan hari ini atau besok," ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA