Arus Balik dari Terminal Sukabumi Melonjak Hingga 40 Persen

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

 Sabtu 08 Jun 2019 18:35 WIB

Para pemudik di Terminal Tipe A Kota Sukabumi yang menaiki bus ke arah Jakarta Sabtu (8/6). Foto: ist Para pemudik di Terminal Tipe A Kota Sukabumi yang menaiki bus ke arah Jakarta Sabtu (8/6).

Terminal Sukabumi menyiapkan sebanyak 250 unit armada bus diberbagai trayek.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Para pemudik yang akan kembali ke Jakarta dari Terminal Sukabumi melonjak hingga 40 persen pada Sabtu (8/6). Kenaikan jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta ini diperkirakan akan terus terjadi hingga Ahad (9/6).

''Pemudik yang kembali ke Jakarta cukup banyak terutama untuk tujuan Kalideres dan Tanjungpriok,’’ ujar Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi Yukky Rahmat Yunus.
 
Dari data yang ada pemudik yang pulang pada Sabtu ini naik sekitar 40 persen dibandingkan sebelumnya. Menurut Yukky, pada H+3 lebaran ini terpantau penumpang untuk jurusan Kalideres masih penuh dan sempat menunggu karena terkendala kemacetan di jalan. Namun secara bertahap bus tersebut masuk ke dalam terminal dan membawa penumpang ke tujuannya masing-masing.
 
''Selain Jakarta, tujuan pemudik lainnya pada arus balik yakni Tasikmalaya dan Banjar,’’ kata Yukky.
 
Para penumpang untuk dua tujuan arus balik ini juga terpantau aman terlayani dengan bus yang ada. Yukky menuturkan, petugas kini tengah melakukan persiapan menghadapi puncak arus balik pada Ahad. Di mana pada Ahad merupakan hari terakhir bagi aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai lainnya libur.
 
Sehingga kata Yukky, petugas mengantisipasi adanya lonjakan penumpang. Terminal Sukabumi menyiapkan sebanyak 250 unit armada kendaraan bus diberbagai trayek. Apabila terjadi pelonjakan penumpang akan disiapkan dengan bus cadangan.
 
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, sebaiknya pemudik mengurangi penggunaan sepeda motor dan memobilisisasi mudik dengan angkutan bus. Hal ini untuk memberikan kenyamanan kepada para pemudik.
Fahmi mengatakan, pemkot berharap para pemudik yang akan kembali ke tempat kerjanya dapat selamat sampai di tujuan. Selain itu ia berharap pemudik tetap berhati-hati dalam perjalanan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X