Arus Balik, Ciamis-Malangbong Lima Jam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ratna Puspita

 Jumat 07 Jun 2019 15:36 WIB

[Ilustrasi] Foto udara antrean kendaraan pemudik menuju Tasikmalaya-Ciamis dan Jawa Tengah melintas di Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa [Ilustrasi] Foto udara antrean kendaraan pemudik menuju Tasikmalaya-Ciamis dan Jawa Tengah melintas di Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Biasanya, perjalanan dari Cimais menuju Bandung hanya dua sampai tiga jam.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Salah satu pemudik yang menggunakan mobil, Deni, bercerita soal perjalanannya dari Ciamis dengan tujuan akhir Bandung. Dia baru saja mudik ke Ciamis dan pada Jumat (7/6) ini ingin pulang kembali ke Bandung.

Deni mengatakan, dia berangkat dari Ciamis pukul 09.30 WIB. Namun hingga pukul 14.30 WIB, ia baru sampai di Malangbong, Garut.

Baca Juga

Total perjalanannya dari Ciamis ke Malangbong memakan waktu sampai 5 jam. "Padahal mah biasanya dari Ciamis ke Bandung paling juga 2 sampai 3 jam," kata dia kepada Republika.co.id, saat beristirahat di Pasar Malangbong, Jumat (7/6) siang.

Deni yang mudik bersama keluarganya dengan Toyota Kijang ini menambahkan, kemacetan yang parah terjadi saat dia melintasi Lingkar Gentong. "Di Gentong yang parah mah. (Laju kendaraan) sempat berhenti tak bergerak," tambahnya.

Pantauan Republika.co.id dari Tasikmalaya hingga Malangbong atau arus balik menuju barat pada Jumat (7/6) siang hari ini, arus kendaraan sudah padat merayap sejak dari Ciawi Tasikmalaya. Kendaraan mengular dan ekornya berada di daerah Ciawi.

Kemudian kendaraan roda empat menjadi tak bergerak saat melewati Lingkar Gentong. Bahkan tak sedikit pemudik yang keluar dari dalam mobilnya. Dari Gentong hingga Malangbong pun kendaraan roda empat sempat tertahan.

Kemudian secara perlahan kendaraan melaju secara merayap hingga sampai Malangbong. Selepas melewati Pasar Malangbong, laju kendaraan roda empat menjadi lancar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X