H dan H+1 Lebaran, 140 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Rep: Febrian A/ Red: Dwi Murdaningsih

 Jumat 07 Jun 2019 14:03 WIB

Sejumlah kendaraan sedang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju arah timur di KM 14, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (6/6). Ruas Tol Japek diterapkan skema contraflow mulai KM 29 hingga KM 61. Foto: Republika/Febryan.A Sejumlah kendaraan sedang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju arah timur di KM 14, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (6/6). Ruas Tol Japek diterapkan skema contraflow mulai KM 29 hingga KM 61.

Lebaran dan H+1 arus mudik masih ramai.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pada hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah (5/6) dan sehari setelah lebaran (6/6) volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) masih tinggi. PT Jasa Marga mencatat sebanyak 140 ribu kendaraan keluar dari Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama menuju Timur.

"Peningkatan volume kendaraan yang menuju ke arah Timur selama dua hari perayaan Lebaran 2019 yang melalui gerbang tol ini masih sangat signifikan, yaitu meningkat 203,79 persen dari LHR normal sebanyak 46.306 kendaraan," ujar Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti, dalam keterangn tertulisnya, Jumat (7/6).

Irra mengatakan, khusus pada hari kedua lebaran, Kamis (6/6), tercatat 66.482 kendaraan melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama. Angka tersebut naik sebesar 288,7 persen dari Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) normal sebesar 23.153 kendaraan.

Irra menambahkan, untuk volume lalu lintas pagi tadi di GT Cikampek Utama masih terpantau ramai lancar. "Antrean normal, 4 sampai 5 kendaraan untuk ke arah Jakarta maupun Cikampek," kata dia.

Untuk titik-titik kepadatan di Tol Japek, sambung dia, masih terpantau di beberapa titik. "Kepadatan seperti di Rest Area KM 33A, 39A dan KM 57A," ucapnya.

Berdasarkan pantauan Republika di KM 14 Tol Japek, tampak arus lalu lintas ramai lancar. Baik untuk arah Jakarta maupun arah Timur kendaraan tampak bisa memacu kecepatan kendaraannya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X