Stasiun Gambir Masih Ramai Pemudik Saat H+1 Lebaran

Rep: Flori Sidebang/ Red: Yudha Manggala P Putra

 Kamis 06 Jun 2019 17:17 WIB

Suasana di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, pada H+1 Lebaran, Kamis (6/6). Foto: Republika/Flori Sidebang Suasana di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, pada H+1 Lebaran, Kamis (6/6).

Tujuan para pemudik di Gambir mulai dari Bandung, Cirebon, hingga Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Suasana di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat tampak masih ramai oleh para calon penumpang yang akan berangkat ke luar Ibu Kota. Bangku-bangku yang disiapkan pihak stasiun, terlihat penuh diduduki oleh para calon penumpang

"Untuk hari ini, volume penumpang 19.174 orang. Sampai besok masih di atas rata-rata penumpang harian," ujar Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa saat dikonfirmasi, Kamis (6/6).

Eva menyebut, tujuan para pemudik yang menggunakan kereta api ini bervariasi. Mulai dari jarak menengah, seperti Bandung dan Cirebon, hingga jarak jauh sampai ke Jawa Timur.

Sementara itu, sambung Eva, per hari ini jumlah penumpang kereta api di Stasiun Gambir mencapai 238.623 orang. Angka tersebut merupakan hasil kumulatif sejak H-10 Lebaran hingga hari ini.

Ia menyebut, pemudik yang menggunakan jasa transportasi kereta api dari Stasiun Gambir diprediksi akan meningkat jumlahnya hingga sembilan persen dibandingkan tahun lalu. Eva mengatakan, tahun ini diprediksi total penumpang selama masa angkutan Lebaran 2019 sebanyak 997.730 orang, sedangkan pada 2018 sebanyak 915.540 penumpang.

"Total penumpang selama masa angkutan Lebaran 2019 adalah 997.730. Jumlah ini naik sembilan persen dibanding tahun 2018 sebanyak 915.540," ujarnya.

Jumlah kereta api reguler yang disiapkan pada musim mudik Lebaran kali ini sebanyak 32 unit. Selain itu, ada pula 12 unit kereta api tambahan dan dua unit kereta api tambahan ekstra.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X