Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

 

H+1 Lebaran, Pantura Pemalang-Tegal Ramai Lancar

Kamis 06 Jun 2019 16:20 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kondisi arus lalu lintas di jalur Pantura Pemalang hingga Tegal terpantau ramai lancar pada Kamis (6/6).

Kondisi arus lalu lintas di jalur Pantura Pemalang hingga Tegal terpantau ramai lancar pada Kamis (6/6).

Foto: Republika/Adinda Pryanka
Jalur masih diramaikan kendaraan plat Jakarta, Jawa Barat, dan daerah setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, PEMALANG -- Sehari setelah Lebaran, Kamis (6/6) siang, arus lalu lintas sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) Pemalang hingga Tegal terpantau ramai lancar pada kedua arah. Kendaraan masih didominasi dengan mobil dengan plat asal Jakarta ataupun Jawa Barat, termasuk D dan F. Sedangkan, untuk motor, kebanyakan berasal dari daerah sekitar seperti G (Pemalang, Tegal dan sekitarnya).

Salah satu titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan adalah perempatan di Jalan Perintis Kemerdekaan. Persimpangan ini menjadi titik temu antara kendaraan yang baru keluar tol Pemalang/ Comal dengan kendaraan di jalur Pantura.

Terkadang, kepadatan di jalur Pantura pada perempatan ini mencapai sekitar 500 meter, baik yang mengarah ke Barat ataupun Timur.

Titik lain yang harus diwaspadai adalah Pasar Beji. Tingginya aktivitas jual beli masyarakat kerap membuat arus lalu lintas Jalan Jenderal Sudirman di depannya tersendat. Jalan ini merupakan terusan dari Jalan Perintis Kemerdekaan.

Untuk menghindari kepadatan di Pasar Beji, pemudik dapat melintasi Jalan Lingkar Luar Pemalang sebagai alternatif. Menurut pantauan Republika, jalur ini terbilang lebih lancar di kedua sisi karena kondisi jalan yang lebih lebar dibanding dengan Jalan Jenderal Sudirman.

Selain itu, landmark sawah di sisi kiri dan Laut Jawa di sisi kanan dapat menjadi pemandangan tersendiri bagi para pemudik.

Tapi, pemudik juga tetap harus waspada mengendalikan kecepatan. Sebab, permukaan jalanan bergelombang sehingga berpotensi membuat kendaraan mudah 'goyang'. Selain itu, tidak sedikit truk dan bus yang melintas, termasuk di lajur kanan.

Di sepanjang Jalan Lingkar Luar Pemalang, pemudik memiliki berbagai opsi untuk tempat istirahat. Dari SPBU, minimarket hingga restoran tersedia di sini. Fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Siaga Media juga ada di jalur ini.

Apabila pemudik ingin berwisata, Pemalang mempunyai  sejumlah opsi. Termasuk di antaranya tempat wisata Pantai Widuri dan Wisata Thistle Park Pemalang yang masih dapat ditempuh melalui Jalan Lingkar Luar Pemalang.

Memasuki daerah Tegal, arus lalu lintas juga terpantau lancar. Destinasi wisata Pantai Purwahamba dan Taman Ria Sosro yang terletak bersebelahan terpantau ramai dikunjungi masyarakat, dari Jakarta ataupun warga sekitar. Untuk mengantisipasi kepadatan, petugas kepolisian dan pramuka sudah bersiap mengatur lalu lintas di pintu masuk.

Selain itu, kawasan wisata Pantai Alam Indah juga menjadi favorit masyarakat. Sejak siang, kendaraan mobil dan motor dari berbagai daerah terlihat memadati area ini. Tidak sedikit di antara mereka menunggu hingga sore hari untuk melihat panorama matahari terbenam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES