Pemudik di Terminal Tanjung Priok Tembus 13 Ribu Orang

Red: Endro Yuwanto

 Kamis 06 Jun 2019 13:53 WIB

Bus AKAP menunggu penumpang di terminal. ilustrasi Foto: Republika/ Wihdan Hidayat Bus AKAP menunggu penumpang di terminal. ilustrasi

Arus penumpang yang tiba di Tanjung Priok lebih besar dari yang diberangkatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Terminal Bus Tanjung Priok melaporkan, jumlah pemudik yang diberangkatkan selama musim mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H mencapai lebih 13 ribu orang. Kepala Terminal Bus Tanjung Priok, Mulya, jumlah detail penumpang yang diberangkatkan mencapai 13.570 orang.

"Menurut data yang dikumpulkan dari 29 Mei hingga 5 Juni 2019 mencapai 13.570 orang yang diberangkatkan dengan 1.418 kendaraan," kata Mulya dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6).

Adapun arus penumpang yang tiba di Terminal Tanjung Priok lebih besar dari jumlah yang diberangkatkan, yakni 15.249 orang yang tiba dengan 1.867 kendaraan.

Terkait kelaikan awak bus antarkota antarprovinsi (AKAP), Mulya memastikan pemeriksaan kesehatan awak bus akan terus diberlakukan. Bus tidak diperbolehkan keluar dari terminal jika awak bus tidak mengantongi surat rekomendasi kelaikan dan hasil uji kesehatan awak bus.

"Pos pemeriksaan kesehatan di terminal mencatat telah memeriksa 1.215 pengemudi bus, dengan 963 orang dalam kondisi sehat dan 252 orang dinyatakan tidak sehat," jelas Mulya.

Selama berlangsungnya Operasi Ketupat Jaya 2019, sebanyak 50 personel dari Polsek Tanjung Priok dan Polres Jakarta Utara dan 25 personel dari Polda Metro Jaya  ditempatkan di Terminal Tanjung Priok.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X