Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

 

Penuh, Pintu Masuk Rest Area 101 A Ditutup

Kamis 06 Jun 2019 07:45 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Dwi Murdaningsih

Petugas menutup rest area 101 A arah arah Jawa Tengah di Tol Cipali. Akibatnya arus dari Jakarta tersendat hingga mengular ke belakang.

Petugas menutup rest area 101 A arah arah Jawa Tengah di Tol Cipali. Akibatnya arus dari Jakarta tersendat hingga mengular ke belakang.

Foto: republika/ali yusuf
Arus dari Jakarta tersendat hingga mengular ke belakang di sekitar rest area.

REPUBLIKA.CO.ID, CIPALI -- Petugas menutup pintu masuk rest area 101 A arah Jawa Tengah Tol Cipali. Akibatnya arus dari Jakarta tersendat hingga mengular ke belakang.

Pantauan Republika.co.id pukul 06.00 WIN mobil dari arah Jakarta yang hendak masuk ke area diarahkan petugas untuk terus melajutkan perjalanannya. Kapolrses Subang AKBP Joni kondisi mengatakan pada hari H+1 memang masih ada pemudik yang berangkat pada hari lebaran.

"Banyak yang ingin ke rest area 86 dan 102 ke tolilet dan isi BBM," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (6/6).

Maka dari itu kata Joni, untuk membuat arus lalu lintas lancar, petugas melakukan rekayasa lalulintas. Rekayasa lalin dengan cara memberlakukan contra flow agar ruas jalan tol tak disesaki kendaraan hanya di satu titik saja menuju rest area.

"Maka dilakukan contra flow agar pemudik yang tidak ke rest area bisa melanjutkan perjalanan," ujarnya.

Joni menuturkan, petugas memberlakukan contra flow sejak tadi malam sekitar pukul 19.00 WIB. Meski demikian diberlakukannya contra flow juga kondisional tergantung situasi dan kondisi.

"Namun contra flow nya juga buka tutup tergantung kepadatan. Pada jam 23.00 tidak kontra flow, dan baru jam 4 subuh tadi contra flow lagi di km 86," katanya.

Sampai pukul 07.00 WIB spanduk yang isinya imbaun agar kendaraan tidak menggunakan rest area 101 masih terpasang di pintu masuk rest area. Terpasangnya pengumuman ini menandakan rest area 101 masih penuh sehingga tidak bisa digunakan pemudik beristirahat.

Agar tidak ada pemudik menerabas masuk ke rest area 101, polisi terlihat masih berjaga dan mengarahka mengarahkan kendaraan dari arah Jakarta untuk erus berjalan ke arah Jawa dan beristirahat di rest area selanjutnya atau keluar G.Tol Subang KM 109.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA