Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

 

Pengelola Rest Area: Kepadatan Arus Mudik Lebih Terfokus

Senin 03 Jun 2019 16:41 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Friska Yolanda

Foto udara rest area KM 164 Tol Cikopo-Palimanan di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (19/5/2019).

Foto udara rest area KM 164 Tol Cikopo-Palimanan di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (19/5/2019).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Tidak adanya penumpukan di rest area sebagai hasil dari satu jalur yang diterapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Manager Rest Area KM 207 A Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) Dede Ahmad Nurhadi menuturkan, rest area relatif sepi sepanjang diberlakukan sistem satu jalur atau one way selama arus mudik Lebaran tahun ini. Kondisi tersebut berbeda kontras dengan tahun lalu, ketika kebijakan one way belum diberlakukan secara maksimal. 

Dede menuturkan, perbedaan paling jelas pada arus mudik di rest area tahun ini dengan tahun lalu adalah pola kepadatan. Pada Lebaran 2018, kepadatan terjadi sepanjang sepekan jelang Lebaran. "Tahun ini, padatnya hanya di 30 Mei dan 1 Juni. Setelahnya, sepi," ucapnya saat dihubungi Republika.co.id, Senin (3/6).

Baca Juga

Dua waktu yang disebutkan Dede sudah diprediksi menjadi arus puncak mudik Lebaran tahun ini oleh kepolisian. Sebab, Kamis (30/5) merupakan libur nasional dan banyak karyawan swasta yang memutuskan untuk cuti di hari Jumat (31/5). Kemungkinan, mereka memulai perjalanan mudik pada Kamis pagi, yang bertepatan dengan hari pertama pemberlakuan satu arah. 

Sementara itu, Sabtu (1/6) banyak digunakan oleh aparatur sipil negara (ASN) untuk berangkat mudik. Pasalnya, mereka harus melaksanakan upacara bendera terlebih dahulu untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Pada kedua hari tersebut, Dede mencatat, setidaknya lebih dari 20 ribu kendaraan melintas di dalam Rest Area KM 207 A Palikanci. "Penumpukan tetap di pagi dan sore hari, tepatnya di jelang subuh dan jelang buka puasa," katanya. 

Dede menambahkan, jumlah tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, saat skema jalur satu arah belum diberlakukan. Hanya saja, pola kepadatan tahun lalu terjadi merata di sepanjang arus mudik sedangkan tahun ini hanya berlangsung pada waktu tertentu. 

Sebelumnya, atas diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas one way pada hari ini sejak pukul 06.25 WIB. Jalur satu arah diberlakukan dari KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang. Secara total, jalur satu arah sudah diberlakukan selama lima hari berturut-turut. 

Pemberlakuan tersebut diputuskan dengan memastikan lajur arah Jakarta telah steril, sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta. Jasa Marga mengimbau kendaraan bus dan nongolongan I serta pengguna jalan jarak dekat untuk tetap menggunakan jalur normal.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Der Panzer Benamkan Estonia 0-3

Senin , 14 Okt 2019, 08:32 WIB