Polisi: Jumlah Kendaraan Masuk Bandung Naik Tiga Kali Lipat

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Yudha Manggala P Putra

 Senin 03 Jun 2019 16:32 WIB

Kemacetan di Bandung (ilustrasi) Foto: Republika/Edi Yusuf Kemacetan di Bandung (ilustrasi)

Peningkatan disebut terjadi sejak H-7 Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza mengatakan, volume kendaraan yang masuk ke Kota Bandung semakin meningkat. Hal ini seiring arus mudik dan jelang lebaran.

Reza menyebutkan jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Bandung meningkat pada musim mudik lebaran 2019 ini mencapai tiga kali lipat. Kondisi ini terjadi sejak H-7 hingga sekarang.

"Kendaraan yang masuk ke Kota Bandung itu sudah tiga kali lipat jumlahnya," katanya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (3/6).

Ia menyebutkan, saat musim mudik ini jumlah kendaraan bisa memcapai 21 ribuan. Jumlah ini meningkat signifikan dibanding hari biasa yang hanya berkisar tujuh ribuan kendaraan roda empat. Sementara pada long weekend kendaraan mencapai 13-15 ribu.

Ia mengatakan jumlah ini berdasarkan hasil pemantauan di titik-titik masuk Kota Bandung terutama dari laporan gerbang tol. "Kita memantau dari gate tol Pasteur atau beberapa gate tol di Kota Bandung," tuturnya.

Menurutnya, banyaknya kendaraan yang masuk ke Bandung ini antara lain warga luar yang mudik ke Bandung. Karena Bandung juga menjadi salah satu kota yang menjadi titik mudik para warganya yang bekerja di luar kota.

"Jadi memang sebagian kendaraan dari luar yang mungkin orang Bandung kerja di luar, sekarang sudah kembali," ujarnya.

Selain itu, kata dia, kendaraan yang masuk juga merupakan masyarakat yang ingin berbelanja di Kota Bandung. Hal ini terlihat dari sejumlah pusat perbelanjaan yang kendaraan tampak memadati sejumlah pusat perbelanjaan di Bandung.

"Aktivitas sudah padat khususnya di area-area atau lokasi wisata belanjanya," ucapnya.




BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X