Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

 

Catat, Ini Rest Area Sepanjang Jakarta Sampai Semarang

Sabtu 01 Jun 2019 21:50 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Friska Yolanda

Sejumlah pemudik saat beristirahat di Rest Area KM 228 ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6).

Sejumlah pemudik saat beristirahat di Rest Area KM 228 ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Dengan mengatahui rest area, pemudik bisa memperkirakan seberapa cepat melaju.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Selama arus mudik, rest area atau tempat istirahat di Tol Trans Jawa menjadi tempat favorit para pengemudi. Ketika menjelang buka puasa, mendekati waktu shalat ataupun saat siang hari dan ketika stamina sudah mulai menurun, area istirahat akan penuh oleh pemudik.

Baca Juga

Mengetahui titik-titik rest area di sepanjang jalur mudik, dalam hal ini Trans Jawa, menjadi hal penting. Dengan memahami lokasi tempat istirahat ini, pemudik dapat memperkirakan seberapa cepat harus melaju untuk mencapainya. 

Setidaknya lebih dari 15 rest area yang dapat dijumpai pemudik di ruas tol Trans Jawa pada jalur A (Jakarta-Semarang). Dari total tersebut, terbagi menjadi tempat tipe, yaitu Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), Tempat Istirahat Sementara (TIS), Parking Bay dan Tempat Istirahat (TI). 

Tiap tipe memiliki sarana dan prasarana berbeda. TIP mempunyai fasilitas paling lengkap, yakni toilet, rumah makan, area parkir, tempat ibadah dan SPBU. Fasilitas ini juga dimiliki TIS, tapi bangunannya bersifat temporer. 

Sedangkan, Parking Bay hanya mempunyai fasilitas toilet, parkir dan tempat ibadah. Terakhir, TI mempunyai fasilitas toilet, tempat makan, parkir, dan tempat ibadah. Tapi, biasanya, Pertamina mendirikan Kios Pertamina maupun dispenser modular di sejumlah Parking Bay dan TI untuk mengantisipasi pemudik yang mulai kekurangan bahan bakar.

Di ruas tol Jakarta-Cikampek sendiri terdapat delapan rest area. Tiga di antaranya adalah Parking Bay, yaitu KM 18A, KM 41 A dan KM 59A. Sementara itu, KM 19A, KM 39A dan KM 57A termasuk dalam TIP. Dua lainnya, KM 33 A dan KM 50 A merupakan TI. 

Memasuki tol Cikampek-Palimanan (Cipali) yang memiliki panjang 116,75 kilometer, rest area semakin jarang ditemui. Terdapat empat titik di sepanjang jalur ini, yakni KM 86 A, KM 102 A, KM 130 A dan KM 166A. Sementaa KM 102 A dan KM 166 A termasuk dalam TIP, sisanya adalah TI atau tanpa SPBU permanen. 

Di ruas tol Palimanan-Kanci (Palikanci), hanya ada dua titik tempat istirahat. Yaitu, Parking Bay di KM 191 A dan TIP KM 207 A. Selanjutnya, ada rest area TIP KM 228 A di ruas tol Kanci-Pejagan. 

Melaju ke tol Pejagan-Pemalang hingga Batang, hanya ada dua rest area yang dapat digunakan pemudik. Pertama, KM 275 yang termasuk dalam TI atau rest area tanpa SPBU. Berikutnya adalah rest area TI KM 344 yang dikenal sebagai Candiareng. Meskipun bersifat fungsional, terdapat tempat makan, mushola dan toilet yang bisa dimanfaatkan pemudik.

Pada ruas tol Batang-Semarang, terdapat dua tempat istirahat. Di KM 379 A, rest areanya tergolong sebagai TIP. Sayang, kondisinya tidak terawat dengan genangan air dan tumpukan sampah di mana-mana. Karena jaraknya dengan rest area SPBU sebelum ataupun setelahnya terbilang jauh, kerap terjadi penumpukan kendaraan. 

Selain KM 379A, ruas tol Batang-Semarang juga mempunyai rest area KM 391 A. Hanya saja, di tempat istirahat ini tidak menyediakan SPBU permanen. Hanya ada Kios Pertamina Siaga yang membuka kontainer untuk menjual BBM kemasan 10 liter. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pekalongan Terendam Banjir

Senin , 24 Feb 2020, 20:08 WIB