Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

 

Kondisi Terkini Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek

Kamis 30 May 2019 18:25 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah kendaraan pemudik mengantre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama saat diberlakukan sistem satu arah di Karawang, Jawa Barat, Kamis (30/5).

Sejumlah kendaraan pemudik mengantre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama saat diberlakukan sistem satu arah di Karawang, Jawa Barat, Kamis (30/5).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Skema contra flow mulai berdampak terhadap kendaraan yang hendak menuju Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKOPO -- Skema rekayasa lalu lintas contra flow telah diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sejak Kamis (30/5) pukul 05.30 WIB.  Pada sore ini, tampak skema tersebut mulai berdampak terhadap kendaraan yang hendak menuju Jakarta.

Baca Juga

Berdasarkan pantauan Republika.co.id pada pukul 17.00 WIB hingga pukul 17.45 WIB, arus lalu lintas menuju Jakarta mulai padat merayap sejak KM 60 hingga KM 50. Sedangkan arus lalu lintas kendaraan pemudik menuju Cikampek di lajur contra flow tampak ramai lancar. Namun arus lalu lintas pemudik menuju Cikampek yang melewati Jalur A atau jalur biasa tampak juga mengalami kemacetan.

Untuk kemacetan di ruas menuju Jakarta disebabkan penerapan contra flow mulai KM 29 hingga KM 61. Akibatnya hanya satu lajur yang tersedia untuk menuju Jakarta. Satu lajur lagi digunakan sebagai jalur tambahan kendaraan yang menuju Cikampek.

"Kita prioritaskan yang dari arah Jakarta ke Cikampek, karena arus pemudik masih tinggi," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (30/5).

Ia pun memperkirakan, penerapan contraflow di ruas Tol Japek bisa diperpanjang dari rencana awal hanya pukul 21.00 WIB. "Kita akan lihat kondisi lalu lintas dari arah Jakarta menuju Cikampek nanti, kalau masih macet maka bisa saja contraflow kita terapkan sampai pukul 24.00 WIB," ucap Benyamin usai meninjau Jalur Pantura.

Ia menamabahkan, jika pukul 24.00 WIB masih saja terjadi kemacetan arus lalu lintas menuju Cikampek, maka pihaknya tak menutup kemungkinan jam penerapan contraflow diperpanjang. "Intinya kita akan melihat pergerakan dari arah Jakarta," kata dia.

Meski demikian, Benyamin memastikan pihaknya tak akan menjadikan ruas Tol Japek menjadi one way. Hal itu lantaran, pihaknya juga harus memberikan akses bagi kendaraan dari Jalur Pantura dan Bandung yang hendak menuju Jakarta.

Gerbang Tol Cikopo Ditutup

Guna memastikan arus pemudik bisa lancar menuju Cikampek, pihak Korlantas menghentikan pengoperasian Gerbang Tol (GT) Cikopo sementara waktu. Akibatnya pengendara yang hendak menuju Jakarta dari Jalur Pantura baru bisa masuk ruas Tol Japek di GT Kalihurip.

"Gate Cikopo kita tutup dulu sementara. Jadi kendaraan kita fokuskan untuk ke arah timur (Cikampek)," kata Benyamin.

Dengan penutupan GT Cikopo ini, maka pemudik dari sejak GT Kalihurip bisa memakai semua ruas tol hingga ke GT Cikopo. Setelah itupun pemudik akan memasuki GT Cikampek Utama atau KM 70 dimana rekayasa lalu lintas one way dimulai di sana hingga KM 263.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA