PT KAI Daop 5 Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2019

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Agung Sasongko

 Ahad 26 May 2019 17:47 WIB

Stasiun Purwokerto Stasiun Purwokerto

seluruh sumber daya akan dioptimalkan untuk melayani konsumen secara maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWOKERTO -- Jajaran petugas dan pegawai PT KAI Daop 5 Purwokerto, menggelar upacara gelar pasukan di halaman Daop 5 Purwokerto, Ahad (26/5). ''Upacara ini menandai dimulainya masa angkutan lebaran yang akan berlangsung selama 22 hari sejak 26 Mei ini hingga 16 Juni 2019,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ahad (26/5). 

Menurutnya, selama masa angkutan lebaran ini, seluruh sumber daya akan dioptimalkan untuk melayani konsumen secara maksimal. ''Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan,'' jelasnya. 

Mengenai sumber daya manusia, Supriyanto menyebutkan, selama masa angkutan lebaran ini sebanyak 1.552 pegawai PT KAI Daop 5, akan dikerahkan seluruhnya. ''Selama masa angkutan lebaran ini, kami semua tidak diizinkan untuk mengambil cuti tahunan,'' jelasnya. 

Selain pegawai di jajaran manajemen, Supriyanto menyatakan, pengamanan selama masa angkutan lebaran juga akan melibat pegawai polsuska sebanyak 133 personil polsuska dan pegawai bagian keamanan (security) sebanyak 225 personil. ''Dalam pengamanan ini, kami juga melibatkan personil dari TNI/POLRI sebanyak 118 personil,'' katanya.;

Sementara untuk menangani kondisi darurat dalam hal kesehatan, PT KAI Daop 5 juga ditempatkan personil paramedis sebanyak 21 orang. Mereka akan ditempatkan di beberapa stasiun, antara lain stasiun Purwokerto-Kutoarjo-Kroya-Cilacap. ''Kami juga berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang terdekat stasiun di sepanjang jalur KA, baik rumah sakit maupun puskesmas,'' katanya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X