Lebaran, Pemkot Surabaya Tiadakan Sementara Car Free Day

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil

 Jumat 24 May 2019 06:15 WIB

Silaturahim (ilustrasi). Foto: blogspot.com Silaturahim (ilustrasi).

Penghentian sementara car free day agar warga bisa saling bersilaturahim.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD) yang biasanya dilaksanakan tiap Ahad pagi. Peniadaan CFD hanya dilakukan pada Ahad 2 Juni dan 9 Juni 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Eko Agus Supiadi Sapoetro mengatakan, peniadaan CFD tersebut sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bertujuan agar masyarakat Kota Surabaya dapat bersilaturahim dengan keluarganya tanpa mencari alternatif jalan lain. Selain itu, melihat kondisi Kota Surabaya yang juga terbilang tidak seramai biasanya di pagi hari selama lebaran.

“Seperti tahun lalu kita meniadakan CFD ini karena masih dalam suasana lebaran. Sehingga warga Kota Surabaya yang membutuhkan unjung-unjung (bertamu) ke saudaranya tidak perlu mencari alternatif jalan lain. Apalagi Kota Surabaya terbilang tidak ramai seperti biasanya saat pagi hari,” kata Eko di Surabaya, Kamis (23/5).

Eko melanjutkan, selama libur lebaran, Dinas Lingkungan Hidup tetap melakukan pengawasan untuk menertibkan sampah plastik. Pengendalian sampah plastik dilakukan, khususnya di tempat-tempat wisata yang kerap di kunjungi masyarakat.

"Untuk sampah plastik kita tetap sosialisasikan kepada warga Kota Surabaya untuk tetap menjaga. Hal itu juga berlaku bagi masyarakat luar kota yang berkunjung ke kota kami tercinta. Akhirnya kami harapkan segan untuk buang sampah sembarangan," ujar Eko.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X