Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

 

YIA dan Adisutjipto Tambah 22 Penerbangan untuk Mudik

Rabu 22 Mei 2019 15:00 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Dwi Murdaningsih

Penumpang memasuki area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).

Penumpang memasuki area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Empat maskapai mengisi slot penerbangan tambahan di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan tambahan penerbangan (extra flilght) saat arus mudik dan balik lebaran nanti. Ada 22 extra flight yang disiapkan di Bandara Internasional Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport (YIA).

General Manager Bandara Internasinal Aisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan, ada empat maskapai penerbangan yang mengajukan extra flght. Maskapai tersebut diantaranya Air Asia, Lion Air, Sriwijaya Air dan Express Air.

Dari total 22 extra flight, 13 diantaranya dialihkan ke YIA. Untuk sembilan penerbangan tambahan lainnya tetap disiapkan di Adisutjipto. Rute yang akan dilayani oleh empat maskapai tersebut yakni Jakarta, Bali, Balikpapan, Makassar, Samarinda dan Pontianak. Sementara, saat ini telah tersedia 188 penerbangan (existing) di Adisutjipto dan satu penerbangan di YIA.

"Sembilan (extra flight) mengajukan malam hari. Di YIA operation hoursnya mulai jam 06.00 sampai jam 18.00 WIB. Maka yang malam hari kemungkinan akan diselenggarakan di Adisutjipto," kata Pandu di Omah Dhuwur Restaurant, Yogyakarta, Selasa (21/5).

Pandu mengatakan, walaupun ada extra flight di Adisutjipto, pihaknya siap untuk menampung. Bahkan, extra flight di YIA pun tinggal menunggu izin dari Kementarian Perhubungan untuk menjalankan 13 slot tambahan tersebut.

Selain 22 extra flight yang disiapkan, Citilink juga menambah penerbangan pada 26 Mei nanti dengan rute Jakarta-Kulon Progo. Sementara, untuk Batik Air juga akan mengisi tiga slot penerbangan di YIA mulai 29 Mei dengan melayani rute Jakarta, Palangkaraya dan Samarinda.

"Mungkin next akan ada ke Ngurah Rai Bali (untuk Batik Air). Pertama ada tiga flight yang inagurasi," kata Pandu.

Di YIA, berbagai persiapan baik dari sisi layanan dan operasional pun telah dilakukan untuk extra flight. Mulai dari ruangan, sisi udara (air side) hingga parkir pesawat.

Transportasi penunjang beroperasinya YIA pun juga disiapkan, termasuk KA Bandara dan Damri. KA Bandara ini nantinya akan beroperasi sesuai dengan jadwal penerbangan yang tersedia.

KA Bandara akan disediakan dari Stasiun Maguwo dan Tugu menuju Stasiun Wojo. Dari Stasiun Wojo, penumpang yang akan ke YIA dapat melanjutkan perjalanan menggunakan Damri. Damri yang telah disiapkan pun totalnya ada 12 unit. Sementara, Damri yang disiapkan khusus dari Stasiun Wojo menuju YIA berjumlah lima unit.

Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES