Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Underpass Tol Pandaan-Malang Diperkirakan Uji Coba Lagi

Jumat 10 May 2019 22:02 WIB

Red: Agus Yulianto

Uji coba underpass tol Pandaan-Malang dilaksanakan setiap malam.

Uji coba underpass tol Pandaan-Malang dilaksanakan setiap malam.

Foto: Dok Humas Jasa Marga Pandaan - Malang
Pengerjaan proyek underpass di lapangan pada dasarnya sudah rampung.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Direktur Teknik Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM), Siswantono mengungkapkan, underpass diperkirakan akan diujicoba kembali pada Jumat malam (10/5). Akses ini kemungkinan dapat dimanfaatkan lagi mulai pukul 21.00 hingga 04.00 WIB. 

Menurut Siswantono, upaya tersebut tidak lain sebagai bagian uji coba sementara sekaligus pengalihan lalu lintas (lalin). "Karena kita sedang pergerakan lapisan aspal, semalam juga seperti itu. Nanti malam juga sama, dibuka lagi. Dan kita juga sedang mengerjakan leveling yang di samping Bentoel," kata Siswantono saat dihubungi wartawan, Jumat (10/5).

Berdasarkan pengamatan uji coba sebelumnya, Siswantono mengklaim, tidak menemukan masalah. Akses jalan berbagai jenis kendaraan ini berjalan lancar pada umumnya. 

Adapun perihal kemacetan, Siswantono belum bisa memberikan keterangan pasti. Pasalnya, underpass hingga kini statusnya masih dalam tahap uji coba. Dia belum melihat secara pasti, mengingat jadwal buka akses tersebut hanya berlaku di malam hari.

"Kalau semalam belum terlihat. Kalau sudah dibuka total, ya pasti terurai," harap Siswantono.

Hingga kini, dia menyatakan, pengerjaan proyek underpass di lapangan pada dasarnya sudah rampung. Hanya saja, pihaknya perlu menyelesaikan proses penyamarataan terlebih dahulu. 

Selanjutnya, JPM juga harus menyelesaikan proses pemasangan dinding underpass. "Karena nanti kan ada transisi ketemu jalan nasional atau arteri, itu kita smooth-kan," katanya.

Di tahap berikutnya, underpass direncanakan mengikuti uji kelaikan setelah lebaran mendatang. Oleh sebab itu, pemanfaatan underpass saat ini hanya mengandalkan rambu-rambu lalin temporer. Sebab, uji coba underpass pada dasarnya tidak harus melewati proses seleksi kelaikan terlebih dahulu.

Sementara ihwal proyek pengerjaan secara keseluruhan, Siswantono menilai, tol sebenarnya sudah siap beroperasi. Pihaknya hanya perlu menunggu kepastian jadwal peresmian dari pemerintah pusat. Apalagi seksi I hingga III tol telah dinyatakan laik beroperasi.

Di sisi lain, Siswantono tak menampik, masih menemukan satu kendala. Antara lain proses pembebasan lahan di depan Gedung Unggul. 

Meski masih menemukan beberapa kendala, Siswantono menerangkan, tol Pandaan-Malang bisa dimanfaatkan secara fungsional dalam waktu dekat. Seperti tahun sebelumnya, akses ini dapat difungsikan sementara mulai 10 hari menjelang lebaran. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA