KAI Daop Cirebon Siapkan 97 Unit Kereta untuk Mudik

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih

 Kamis 16 May 2019 16:07 WIB

Stasiun Cirebon Foto: Republika/Raisan Al Farisi Stasiun Cirebon

KAI menyiagakan alat material untuk siaga di daerah rawan bencana

REPUBLIKA.CO.ID,  CIREBON – Menghadapi masa angkutan lebaran yang akan berlangsung pada 26 Mei - 16 Juni 2019, PT KAI Daop 3 Cirebon mengerahkan seluruh sarana, prasarana, dan SDM yang mereka miliki.  Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi, menyebutkan, dari aspek sarana, pihaknya menyiapkan 97 untit kereta.

Daop Cirebon juga menyiapkan 16 unit lokomotif satu unit crane. Faktor keselamatan, keamanan dan kelancaran perjalanan KA menjadi titik berat pelaksanaan angkutan lebaran.

Sedangkan dari aspek prasarana, seperti tahun-tahun sebelumnya, KAI menyiagakan alat material untuk siaga (Amus) di daerah-daerah yang rawan bencana alam. Seperti pada petak Jatibarang-Telagasari, Cipunegara-Haurgeulis dan Sindanglaut-Ciledug.

"Petugas Penilik Jalan (PPJ) Ekstra, Penjaga Jalan Lintas (PJL) Ekstra, dan petugas posko daerah rawan juga disiagakan di sepanjang lintas untuk mencegah terjadinya gangguan perjalanan KA,’’ kata Tamsil, Kamis (16/5).

Untuk tambahan petugas yang disiagakan itu rinciannya 46 personil PPJ Ekstra, 166 personil PJL Ekstra, 12 personil posko daerah rawan dan 96 personil pengamanan eksternal.

Demi menjaga kelancaran dan keamanan selama penumpang melakukan perjalanan, KAI pun menyiapkan petugas pengamanan. Yaitu, polsuska dan satpam dari internal, yang diperkuat oleh pengamanan dari TNI/ Polri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X