Jasa Marga Berlakukan Contraflow dari Km 47 Hingga Km 41

Red: Bayu Hermawan

 Jumat 22 Jun 2018 18:25 WIB

Pengendara mobil melewati jalur contraflow menuju Jakarta (ilustrasi) Foto: Antara/Hafidz Mubarak A Pengendara mobil melewati jalur contraflow menuju Jakarta (ilustrasi)

Dari pantauan kepadatan terjadi akibat membludaknya pengunjung rest area KM 42.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- PT Jasa Marga kembali memberlakukan sistem lawan arus (contraflow) sepanjang enam kilometer di Km 47 hingga Km 41 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan akibat membeludaknya pengunjung rest area Km 42.

"Saat ini masih diberlakukan contraflow dari Km 47 sampai Km 41 arah Jakarta" kata petugas call centre Jasa Marga, Tari, di Karawang, Jawa Barat, Jumat (22/6).

Dikutip dari Antara, berdasarkan pantauan dari rest area Km 62 sampai rest area Km 42 volume kendaraan sepanjang ruas tol tersebut relatif padat. Volume kendaraan di sekitar Km 47 dalam arus balik sendiri memang menjadi titik kepadatan karena ada penyempitan lajur (bottleneck) dan juga tempat peristirahatan (rest area) di Km 42.

Jasa Marga mengimbau seluruh pengguna jalan untuk berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Pada Kamis (21/6) lalu, PT Jasa Marga atas diskresi pihak kepolisian juga memberlakukan contraflow sepanjang enam kilometer di Km 47 sampai Km 41 pada siang harinya, kemudian diperpanjang menjadi 18 kilometer dari Km53 hingga Km 35 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Antara dari rest area Km 57 hingga Simpang Susun Cikampek, lalu lintas kendaraan relatif lancar. Sedangkan, dari Simpang Susun Cikampek ke arah Jakarta juga relatif lancar, tetapi padat menjelang rest area Km 62.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X