Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

 

Tol Pandaan-Malang Seksi 3 Belum Bisa untuk Arus Balik

Selasa 19 Jun 2018 21:20 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani

 Suasana tol Pandaan- Malang seksi 3 pada Selasa (19/6).

Suasana tol Pandaan- Malang seksi 3 pada Selasa (19/6).

Foto: Republika/Wilda Fizriyani
jalur masuk dari Karanglo ke Sumberwuni persimpangannya agak susah dilalui.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jalur tol Pandaan-Malang seksi tiga dari Sumberwuni ke Karanglo belum bisa dipakai untuk arus balik mudik 2018. Padahal sebelumnya telah direncanakan akan membuka arus balik bagi para pemudik dari arah Karanglo ke Sumberwuni.

Koordinator Lapangan (Korlap) Pos Tol Karanglo, M Jazuli tak menampik sebelumnya pihak Jasa Marga berencana membuka arus balik. Namun sayangnya rencana tersebut tidak dapat direalisasi karena sejumlah faktor.  "Rencana awal sebelum pelaksanaan pembukaan tol, kita menyediakan arus mudik dan juga arus balik," kata Jazuli saat ditemui wartawan di Pos Tol Karanglo Malang, Selasa (19/6).

Seperti diketahui, dua dari enam seksi tol telah dibuka secara fungsional sejak 8 sampai 24 Juni 2018. Kedua seksi tersebut, yakni jalur Pandaan - Lemahbang dan Sumberwuni - Karanglo. Berbeda dengan seksi 1, seksi 3 yang menyediakan jalur Sumberwuni - Karanglo tidak menyiapkan arus balik.

"Kalau di Lemahbang - Pandaan itu sekarang kalau pagi arus mudik, sedangkan sore sudah arus balik," jelas Jazuli.

Jazuli mengatakan, kondisi lapangan membuat tol seksi 3 tidak bisa menjalankan arus balik. Hal ini terlihat dari jalur masuk dari Karanglo ke Sumberwuni yang persimpangannya agak susah dilalui. Jika dipaksa dibuka, Jasa Marga dan kepolisian setempat khawatir akan menambah volume kemacetan.

Di sisi lain, tol fungsional saat ini juga tidak bisa dibuka pada malam hari. Hal ini dikarenakan masalah sarana dan prasarana yang belum memadai. Tol seksi 1 maupun 3 masih belum memiliki penerangan dan kekurangan markah jalan.

"Kita baru punya markah sementara di tempat tertentu saja. Kalau dipaksa, nanti malam malah tidak kelihatan jalannya," terang dia.

Adapun mengenai volume kendaraan yang melewati tol seksi 3, hingga saat ini masih terkendali dan lancar. Meski dimasukkan ke dalam kategori arus mudik, jumlah kendaraan relatif cukup banyak. Terlebih lagi peningkatan jumlah kendaraan terjadi pada Sabtu (16/6) lalu.

Petugas Pos Tol Karanglo, Agung Wahyuono mengungkapkan, kendaran mencapai 4.809 buah pada Sabtu lalu. Kemudian mengalami penurunan pada Ahad (17/6) dengan angka sekitar 4.178 dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Pada Senin (18/6), kendaraan kembali mengalami lonjakan hingga 4.698 buah.

"Sedangkan hari ini hingga pukul 14.00 sudah ada 2.559 kendaraan yang lewat," jelasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA