Sunday, 19 Jumadil Akhir 1440 / 24 February 2019

Sunday, 19 Jumadil Akhir 1440 / 24 February 2019

 

Sistem Lawan Arus Berlaku di Tol Cikarang Utama

Selasa 19 Jun 2018 14:45 WIB

Red: Nur Aini

Sejumlah kendaraans antre  di Pintu masuk Tol Cikarang Utama, Jakarta, Saabtu (9/6).

Sejumlah kendaraans antre di Pintu masuk Tol Cikarang Utama, Jakarta, Saabtu (9/6).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Sistem lawan arus berlaku mulai dari kilometer 65 sampai 29.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Gerbang Tol Cikarang Utama Ahmad Zamzuri mengatakan pengaturan lalu lintas berupa contra flow sudah mulai diberlakukan di Tol Cikampek, Jawa Barat pada Selasa siang (19/6).

"Dari sekitar pukul 12.00 WIB, pelan-pelan kami sudah mulai melakukan contra flow, mulai dari kilometer 65 sampai kilometer 29," kata Ahmad di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Selasa.

Menurut dia, contra flow tersebut sudah mulai diberlakukan dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan yang masuk ke Jakarta di gerbang Tol Cikarang Utama. "Contra flow itu diberlakukan semata-mata untuk menjaga supaya arus lalu lintas menuju Jakarta tetap lancar. Sekarang ini kan lancar. Supaya bisa terus lancar, maka dilakukan contra flow," ujar Ahmad.

Meskipun demikian, dia mengakui pihaknya masih belum dapat menentukan berapa lama contra flow tersebut akan diberlakukan. Hal itu karena tergantung situasi lalu lintas di lapangan. "Kami belum tahu sampai jam berapa contra flow itu akan diberlakukan. Tergantung seperti apa kondisi lalu lintas dan jumlah kendaraan yang masuk," tutur Ahmad.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Antara di lapangan, situasi di Gerbang Tol Cikarang Utama sejak pukul 12.00 hingga pukul 14.00 WIB masih lancar. Tidak terjadi penumpukan kendaraan atau kemacetan arus lalu lintas menuju ke Jakarta. Petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya juga terlihat masih siap siaga di pos yang berada di sekitar gerbang tol tersebut.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA