Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

 

Puncak Arus Balik Terminal Cicaheum Diprediksi Rabu

Selasa 19 Jun 2018 13:50 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Suasana Terminal Cicaheum, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Senin (11/6).

Suasana Terminal Cicaheum, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Senin (11/6).

Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Belum terlihat lonjakan penumpang arus balik di Terminal Cicaheum hingga 12.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Puncak arus balik penumpang Lebaran 2018 diperkirakan terjadi pada Rabu (20/6) atau H+5. Hal itu disampaikan Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung, Jawa Barat, Roni Hermanto, Selasa (19/6).

"Kami prediksi Rabu (20/6) adalah puncak arus baliknya, karena sebagian pegawai sudah masuk. Tapi jumlahnya tidak signifikan," ujar Roni saat dihubungi melalui telepon seluler di Bandung.

Menurut dia, pada Selasa ini hingga pukul 12.00 WIB masih belum terlihat arus balik atau lonjakan kedatangan penumpang di Terminal Cicaheum. Ia mengatakan pada Senin (18/6) terdapat 194 bus yang masuk ke Terminal Cicaheum dengan total keseluruhan penumpang 1.529 orang.

"Arus balik di Terminal Cicaheum tidak terlalu signifikan. Malahan masih banyak keberangkatan daripada kedatangan," kata dia.

Sementara untuk keberangkatan pada Senin (18/6), Terminal Cicaheum telah memberangkatkan 2.139 penumpang ke berbagai daerah di Jawa Barat bagian timur seperti Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Banjar, Cirebon, Indramayu, dan Pangandaran. "Rata-rata yang berangkat didominasi oleh pemudik lokal," kata dia.

Mengingat volume arus balik sudah berangsur-angsur meningkat dari luar kota menuju ke Bandung, ia mengkhawatiran bus akan mengalami keterlambatan kedatangan.

Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan 30 bus tambahan yang terdiri dari lima bus antarkota antarprovinsi (AKAP), lima bus antarkota dalam provinsi (AKDP), dan 20 bus perbantuan dari Damri.

"Kami menyiapkan bus cadangan sebagai langkah antisipasi supaya tidak terjadi penumpukan penumpang," kata dia.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA