Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

 

Akhir Cuti Lebaran, Arus Balik di Bandara Supadio Meningkat

Selasa 19 Jun 2018 12:40 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Puncak arus balik di Bandara. Ilustrasi

Puncak arus balik di Bandara. Ilustrasi

Foto: Antara
Sebagian penumpang memilih pulang sehari sebelum kembali bekerja.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Arus balik di terminal keberangkatan penumpang Bandara Supadio meningkat pada Selasa (19/6). Mayoritas penumpang memilih penerbangan di hari terakhir cuti bersama lebaran, sebelum kembali beraktivitasnya perkantoran pada Rabu (20/6).

Sebagian penumpang yang memadati terminal keberangkatan merupakan penumpang tujuan Jakarta. Salah satunya Sulaiman (42) penumpang Garuda Indonesia, GA 507 tujuan Jakarta. Sulaiman yang juga pegawai di salah satu BUMN di Jakarta mengaku sengaja memilih penerbangan di hari terakhir libur lebaran.

"Untuk memaksimalkan waktu libur aja, karena besok kan sudah mulai bekerja," katanya kepada wartawan ketika ditemui di Bandara Supadio, Selasa (19/6). Sulaiman yang mengajak istri dan kedua anaknya ini mengaku waktu libur lebaran yang cukup panjang pada tahun ini sangat memudahkan ia dan keluarga merencanakan liburan bersama keluarga.

Ia mengaku liburannya di kota kelahiran Pontianak kali ini cukup lama, berbeda dengan lebaran pada tahun tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan waktu cuti bersama yang ditetapkan pemerintah dianggapnya cukup lama.

Sulaiman bersama keluarga telah menghabiskan 6 hari bersama keluarga di kota kelahirannya, Pontianak sejak sehari sebelum Lebaran. "Kalau dulu mudik sampai balik paling hanya 3 hari, sekarang bisa 6 hari. Lumayan lama," katanya.

Hal senada disampaikan Wahyu Ardiansyah (36), penumpang Sriwijaya Air tujuan Jakarta. Pegawai swasta di Jakarta ini mengaku liburan Idul Fitri tahun ini cukup untuk melepaskan rindunya di kampung halaman. Wahyu yang juga memilih arus balik di hari terakhir libur bersama lebaran, menilai penumpang di Bandara Supadio cukup ramai di hari terakhir libur lebaran.

Namun kondisi arus balik saat ini, diakui dia, masih cukup nyaman. Hal ini dikarenakan menurutnya karena hasil renovasi yang dilakukan sejak 2013 hingga 2017 kemarin di bandara ini. "Alhamdulillah Supadio sudah nyaman saat ini, walaupun arus balik cukup padat tapi fasilitas dan pelayanan bandara sudah jauh lebih nyaman," katanya.

Menurut data penumpang di posko lebaran Bandara Supadio, hingga Senin (18/6) setidaknya 7.301 penumpang telah terbang dari Bandara Supadio menuju beberapa tujuan. Angka ini meningkat 28,72 persen dari tahun sebelumnya dimana H+3 setelah lebaran jumlah penumpang arus balik berjumlah 5.672 orang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA